Senin 14 Aug 2017 14:01 WIB

Memadukan Pisang Khas Gorontalo dengan Ikan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Ikan Santan Goroho.
Foto: Republika/Dwina Agustin
Ikan Santan Goroho.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pisang ternyata tidak hanya cocok sebagai pelengkap makanan penutup saja. Juara ketiga Lomba Masak Ikan Nusantara Narti Buo mencoba menggunakan buah tersebut sebagai pelengkap hidangan ikan.

Narti menjelaskan, dia menginginkan banyak anak muda mengonsumsi ikan. Namun, mereka sering enggan mengonsumsi jika hidangannya disandingkan dengan nasi, sehingga dia memilih menggunakan pisang sebagai pengganti agar tetap kenyang.

"Ini memang ada di Gorontalo, namun pakai nasi, hanya saja pada umumnya anak muda sering tidak mau makan nasi jadi saya coba kreasikan dengan pisang," kata Narti.

Pisang yang digunakan pun tidak sembarangan, dia membawa langsung jenis yang hanya ada di Gorontalo, pisang goroho. Jenis tersebut, diakui Narti, memiliki tekstur lebih lembut, menggandung banyak vitamin, dan dapat membantu menyembuhkan penyakit maag.

 

Narti menginginkan jika hidangannya Ikan Santan Goroho tidak hanya enak untuk dimakan saja. Dia juga menawarkan alternatif hidangan yang bisa menyehatkan dan ikut memperkenalkan salah satu ikan dari tempat asalnya.

"Ini nggak sekedar kenyang tapi memperhatikan dari segi kesehatannya, apalagi di sana kan emang biasanya makan pisang menggunakan pedas-pedas," kata Narti.

Ikan kreasi Narti menjadi salah satu finalis dalam Lomba Masak Ikan Nusantara. Pemenang lomba nantinya akan menyajikan kreasinya bagi Presiden Joko Widodo.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement