Jumat 28 Jul 2017 14:19 WIB

Ini Peran Ayah dalam Pemberian ASI pada Bayi

Rep: Friska Yolanda/ Red: Esthi Maharani
Air Susu Ibu yang diperah.
Foto: ist
Air Susu Ibu yang diperah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanggung jawab memberikan nutrisi terbaik pada bayi tidak hanya dilimpahkan kepada ibu sebagai produsen air susu (ASI). Ayah juga berperan penting dalam pemberian ASI.

Anggota Presidium Gerakan Kesehatan Ibu dan Anak (GKIA) Candra Wijaya mengatakan, dukungan dari suami berperan sangat besar dalam kelancaran pemberian ASI dari ibu. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan ayah adalah menenangkan si ibu.

"Kunci ibu dapat menyusui adalah ibu yang tenang, senang dan merasa didukung," ujar Candra di Jakarta, Kamis (27/7).

Ayah dapat memberikan dukungan dalam bentuk memijat ibu usai menyusui bayi. Pijatan yang diberikan ayah akan merangsang keluarnya hormon oksitosin yang akan mendorong asi dari pusat produksi menuju areola.

"Pijatan lembut dari batang leher sampai tulang punggung setinggi puting payudara ini akan membantu mengeluarkan hormon oksitosin yang membuat ibu senang dan tenang," katanya.

Selain memberikan pijatan, ayah juga dapat melakukan hal lain seperti mengambilkan minum, membantu pekerjaan rumah tangga, dan mengganti popok bayi. Membelai ibu dan mengucapkan kalimat-kalimat sayang juga akan memberikan energi positif pada ibu yang menyusui.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement