Kamis 15 Jun 2017 17:53 WIB

Sajian Kreatif dengan Nugget dan Sosis

Rep: DESY SUSILAWATY/ Red: Esthi Maharani
Nugget
Foto: zenkimchi.com
Nugget

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tak dipungkiri, makanan olahan ayam atau daging sapi siap masak seperti nugget dan sosis, memang menjadi pilihan para ibu-ibu dirumah. Karena nugget dan sosis ini mudah dimasak, rasanya enak dan anak-anak suka. Saat ini, para ibu hanya memasaknya dengan menggoreng nugget atau hanya sekedar memanggang sosis. Padahal kedua makanan ini bisa loh diolah menjadi berbagai macam aneka hidangan lezat, tidak hanya untuk sahur dan berbuka, tapi juga untuk lebaran.

“Menu apa saja bisa dibuat dengan bahan baku sosis dan nugget,” jelasnya kepada Republika.co.id dalam acara Peluncuran Lomba Kreasi Masak Saat Ramadhan, Saatnya So Good, di Jakarta, Rabu (14/6).

Menurutnya, sosis dan nugget ini bisa saja ditumis, bisa pula di mix dengan telur, mie, bahkan diolah menjadi sup. Anda pun mengkombinasikannya dengan bahan lain seperti ati, ampela, terong, atau bahan-bahan lain ciri khas Indonesia. Menurut chef Galih, nugget dan sosis adalah pengganti daging, sehingga bisa dicampur dengan mudah. Jika ingin membuat menu lebaran yang sedikit premium, Anda bisa menumis sosis dipadankan dengan daging sirloin.

“Masakan sederhana yang biasa digoreng, dikasih nasi untuk anak-anak, dikasih sambal. Tidak bisa seperti itu sekarang, nugget dan sosis tidak lagi identik dengan anak-anak. Ubah mindset kalau sosis hanya untuk hotdog saja," jelasnya.

Sementara untuk jenis rebusan, sosis bisa dijadikan sup. Jika ingin menu yang kebarat-baratan bisa membuat sup dengan kuah yang agak kental, bisa ditambahkan banyaknya tomat. Tomat dipotong, kemudian masukkan kacang merah. Sedangkan untuk fish nugget, lebih tepat jika dimasak dengan kuah yang tidak terlalu banyak karena akan merusak tekstur nugget itu.

“Keberhasilan mengolah makanan siap masak ada pada tekniknya,” ungkap suami desainer busana muslim, Jenahara Nasution ini.

 

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement