Selasa 30 May 2017 20:10 WIB

Tips Berkreasi dengan Keju

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Indira Rezkisari
Keju
Foto: Flickr
Keju

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keju adalah salah satu bahan makanan yang sangat fleksibel. Produk olahan dari susu ini bisa disulap menjadi apa saja sesuai dengan kreativitas. Keju bisa jadi campuran baik di makanan asin maupun manis.

Seorang food blogger yang sudah lama malang melintang di dunia kuliner, Endang Indriani mengatakan seseorang bisa berkreasi makanan apa pun dengan keju. "Keju itu fleksibel dan serba guna, makanya kita harus think out of the box, jangan hanya menggunakannya sebagai topping atau garnish saja," kata dia dalam acara Berbagi Kreasi Kraft di Jakarta, Selasa (30/5).

Pemilik 1.100 resep makanan di www.justtryandtaste.com ini mengatakan sesungguhnya keju bisa jadi bahan utama suatu makanan karena ia punya cita rasa yang khas. Ia bisa masuk ke tipe makanan apa pun karena rasanya gurih.

"Yang penting kita tahu ciri khas masing-masing keju dan makanan seperti apa yang ingin kita buat," kata Endang. Selain menjadikan makanan lebih bercita rasa, keju juga memberikan nilai tambahan nutrisi. Bahan dasar keju adalah susu yang kaya protein dan kalsium.

Sehingga makanan yang diberi keju akan memiliki kandungan nutrisi lebih banyak. Endang mencontohkan muffin yang berbahan dasar keju akan lebih banyak protein dan kalsiumnya dibanding muffin biasa yang hanya memiliki kandungan karbohidrat.

Atau omelet yang diberi tambahan bayam dan keju akan jadi lebih lengkap nutrisinya. "Tidak perlu ragu-ragu untuk berkreasi dengan keju, agar rasanya lebih mantap tambahkan yang banyak dan jadikan bahan dasar," kata dia.

Endang mencontohkan lagi sejumlah makanan yang berbahan dasar keju. Seperti es krim keju, es buah keju, kue basah maupun kue kering, nasi goreng keju dan masih banyak lagi.

Satu tips lagi, penulis lima buku resep ini juga menyarankan agar pemasak pemula berkreasi dari masakan yang sederhana dan mudah dibuat. Menurutnya ini tidak akan mengurangi nilai masakan melainkan malah membuat sesuatu yang sederhana jadi lebih istimewa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement