Sabtu 20 May 2017 13:13 WIB

Anak Usia 6 Tahun Masih Mengompol? Ini Solusinya

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Winda Destiana Putri
Ajak anak ke kamar mandi sebelum tidur untuk menghindari mengompol.
Foto: everydayfamily.com
Ajak anak ke kamar mandi sebelum tidur untuk menghindari mengompol.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengompol di usia bayi mungkin masih bisa disebut sebagai hal wajar, tapi tidak bagi anak yang telah menginjak umur enam tahun. Jika anak masih memiliki kebiasaan ini, orang tua mau tak mau harus melakukan upaya agar masalah ini dapat hilang. Berikut ini solusi yang mungkin dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi kebiasaan ini menurut Pendidik dan Kepala TK Diponegoro 146 Purwokerto Barat, Siti Munfarijah.

Dikutip laman Sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id, Sabtu (20/5), orang tua harus selalu berkomunikasi dengan anak tentang apa yang ia rasakan setiap harinya, baik di rumah maupun di sekolah. Beberapa anak mengompol ternyata mengalami gangguan psikologis seperti rasa takut, khawatir, atau tidak nyaman di lingkungan sekolah atau rumahnya. Sebagian lainnya, mengalami rasa tidak bahagia karena kurang mendapat perhatian dan kasih sayang dari orang-tuanya.

Orang tua juga diharapkan tidak memberikan hukuman pada anak saat ia belum berhasil mengatasi kebiasaan mengompolnya. Berilah selalu semangat dan dorongan kepada anak, yakinkan kepada anak bahwa kebiasaan mengompolnya akan hilang jika kita mau bersungguh-sungguh mengubahnya. Menghukum anak saat mengompol hanya akan meninggalkan trauma pada diri anak dan berakibat anak menjadi kurang percaya diri dalam bergaul.

Langkah ketiga, cobalah ajak anak untuk membiasakan diri membuang air kecil sebelum tidur dan mengurangi minum berlebihan saat hendak tidur,. Hal ini perlu dilakukan karena pada beberapa anak, volume kemih yang diproduksi pada malam hari cukup banyak, sehingga kandung kemihnya penuh.

Selanjutnya, orang tua juga harus memahami waktu anak biasa mengompol. Pada jam-jam tersebut disetel dering arloji pengingat, agar anak bisa bangun untuk membuang air kecil, sebelum kebiasaan waktu mengompol datang. Dengan metode dering arloji pengingat, biasanya akan terlihat hasilnya setelah alat digunakan selama dua pekan atau beberapa bulan.

Orang tua juga perlu menciptakan suasana relaks pada anak sebelum tidur. Orang tua bisa memijat ringan dan lembut pada tubuh anak, agar urat-urat syaraf dan tubuhnya bisa relaks karena sentuhan orang tua dapat memberikan suasana nyaman pada anak. Membacakan dongeng anak sebelum tidur juga bisa membawa suasana yang relaks untuk anak.

Kemudian, cobalah untuk mengajak anak selalu berdoa dan berikrar dengan meyakinkan pada diri anak bahwa dia bisa menghentikan kebiasaan mengompol. Apabila dalam waktu yang sudah cukup lama anak berhasil menghilangkan kebiasaan mengompolnya, berilah anak hadiah atas hasil dari usaha keras yang sungguh-sungguh ia jalankan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement