Ahad 07 May 2017 10:15 WIB

Cara Sederhana Lindungi Anak dari Bahaya Kuman

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Anak-anak mencuci tangan.
Anak-anak mencuci tangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanpa disadari, kuman sangat dekat dengan aktivitas anak-anak. Ketika bermain misalnya, anak-anak cenderung tidak pilih-pilih memegang benda tanpa memikirkan apakah benda tersebut telah terkontaminasi kuman atau belum. 

Secara umum, anak zaman sekarang lebih mudah untuk terserang penyakit. Menurut spesialis anak dari Rumah Sakit Anak & Bunda Harapan Kita Dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K), hal itu disebabkan karena kuman berevolusi menjadi semakin kuat. 

"Jika tidak dicegah, kuman dapat menyebar dan berkembang sehingga menyebabkan penyakit pada anak," kata Ariani dalam acara Diskusi Media Lifebuoy Activsilver Formula, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, menurut Ariani, orangtua perlu membiasakan anak untuk mencuci tangan sebelum dan akan melakukan aktivitas apapun. Tangan sangat berperan dalam menyebarkan kuman. Tangan juga akses utama masuknya kuman ke dalam tubuh melalui mulut. 

Selain itu, orangtua juga harus memastikan bahwa anaknya cukup istirahat serta memperhatikan asupan nutrisi anak. Makanan sehat dengan protein tinggi dapat membantu membangun sistem imun anak.

Orangtua juga harus menstimulasi anak untuk aktif bergerak. Misalnya, membiasakan anak berjalan kaki atau membawa tasnya sendiri. Tujuannya agar metabolisme anak kuat dan badan menjadi sehat.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement