Selasa 04 Apr 2017 12:42 WIB

Empat Kesalahan Memasak yang Membuat Anda Semakin Gemuk

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Esthi Maharani
Memasak bersama di dapur
Foto: food.uk.msn.com
Memasak bersama di dapur

REPUBLIKA.CO.ID, Memasak sendiri di rumah bisa jadi salah satu cara untuk menghindarkan diri dari makan makanan yang tidak sehat. Makanan yang Anda santap terjamin kebersihannya karena Anda sendiri yang mengolahnya.

Meski demikian, ada beberapa kebiasaan memasak yang sering dilakukan sehingga justru menimbulkan dampak yang buruk bagi Anda bahkan mengakibatkan kenaikan berat badan. Berikut empat kebiasaan memasak yang dapat membuat Anda menjadi semakin gemuk.

1. Sering mencicipi makanan saat masak

Mencicipi masakan ketika sedang memasak sudah lumrah dilakukan untuk memastikan kelezatan rasa makanan. Namun, jika melakukan icip-icip terlalu sering juga bisa menyebabkan kegemukan. Jika Anda ingin masak dan memiliki kebiasaan icip-icip itu, Anda sebaiknya memasak sambil mengunyah potongan sayuran seperti paprika atau timun.

2. Memasak dengan karbohidrat berlebih

Tidak memperhatikan komposisi kandungan bahan masakan dapat menambah berat Anda secara drastis. Misalnya, memadukan nasi, mie atau kentang ke dalam makanan Anda akan membuat kandungan karbo menumpuk di tubuh. Ini yang menyebabkan tubuh menjadi lebih gemuk. Kurangi kombinasi karbohidrat dalam masakan Anda dan gantilah dengan sayur-sayuran.

3. Terlalu sering dan banyak meggunakan keju

Menggunakan banyak keju ke dalam masakan dapat menambah ratusan kalori dalam tubuh Anda. Banyak yang berpikir keju kaya akan protein padahal faktanya keju mengandung lebih banyak lemak dibandingkan protein.

 

4. Selalu menghidangkan makanan penutup

Kebiasaan menyantap hidangan penutup juga dapat menyebabkan kegemukan pada tubuh Anda. Hidangan penutup yang identik dengan rasa manis dapat menyumbang bertambahnya jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement