Kamis 23 Mar 2017 06:35 WIB

Ini Dia Delapan Kuliner Khas Solo

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Nasi liwet
Foto: MGROL50
Sate buntel.

Selat Solo

Selat Solo merupakan kuliner khas yang isinya wortel, buncis, ketimun, kentang goreng, selada telur, kecap, dan daging yang disiram kuah semur ditambah mayones agar rasanya lebih segar. Selat Solo juga bisa diberi irisan daging. Ada yang menyebut selat Solo merupakan perpaduan makanan barat dan timur. Beberapa sayuran yang direbus yang disiram dengan kuah semur dan mayones dipadukan dengan bistik daging.

Warung makan yang menjual selat Solo biasanya buka dari pagi hingga sore hari, karena selat Solo menjadi menu sarapan bagi sebagian warga kota Solo. Beberapa tempat yang direkomendasikan antara lain adalah Warung Selat Mbak Lies di Jalan Serengan Gang II/42 Kampung Serengan, Vien’s Selata Segar & Sup Matahari di Jalan Hasanudin No 99, Omah Selat di Jalan Gotong Royong No 13 dan Selat Solo Tenda Biru di Jalan KH. Samanhudi No. 1, Solo.

 

Soto Gading

Bernama soto gading karena terletak di daerah Gading, tepatnya di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75, Solo. Soto gading memiliki ciri khas kuah yang bening dan suwiran ayam. Untuk menambah kenikmatan disediakan aneka lauk seperti aneka sate, perkedel, tempe goreng, tahu goreng, gorengan, krupuk, hingga sosis. Meskipun sering dikunjungi para pejabat, harga seporsi soto gading sangat terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.

 

Nasi Timlo

Nasi timlo Solo merupakan kuliner berkuah yang berisi telur pindang, mie soun, suwiran ayam, ati rempela, telur dadar, wortel, dan sosis yang disiram dengan kuah kaldu. Bumbu nasi timlo terdiri dari bawang putih, pala, lada, dan bawang goreng. Nasi timlo biasa disantap sebagai menu sarapan, namun kini banyak yang menjual nasi timlo hingga malam hari.

Beberapa tempat nasi timlo yang direkomendasikan antara lain Rumah Makan Timlo Solo di Jalan Urip Sumoharjo 94, Warung Timlo Sastro di Jalan Kapten Mulyadi (Pasar Gede), dan Warung Timlo Sastro di Jalan Dr. Wahidin, Solo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement