Kamis 23 Mar 2017 06:35 WIB

Ini Dia Delapan Kuliner Khas Solo

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Nasi liwet
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Nasi liwet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain bangundan dan budaya, Kota Solo juga memiliki kuliner yang menarik minat pelancong. Kuliner khas Kota Solo beragam dan memiliki cita rasa yang lezat.

Berikut delapan kuliner khas Kota Solo yang patut dicicipi jika kalian berkunjung ke Kota Solo seperti dikutip dari keterangan pers Ezytravel.co.id:

 

Nasi Liwet

Nasi liwet (sego liwet) merupakan kuliner khas kota Solo yang selalu diburu oleh para pencinta kuliner. Nasi liwet terdiri dari nasi putih dengan rasa gurih dilengkapi dengan sayur labu siam, suwiran ayam, telur pindang, dan sedikit areh.

Nasi liwet sangat mudah ditemui di restoran, warung makan, maupun tenda lesehan. Beberapa lokasi Nasi liwet yang direkomendasikan antara lain adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo, kemudian Nasi Liwet Bu Sarmi di Jalan Kapten Mulyadi (Depan Benteng Vastenburg), dan yang terakhir adalah Nasi Liwet Yu Sani di Jalan Wonogiri-Solo, Solo Baru, Solo.

 

Tengkleng Solo

Tengkleng merupakan kuliner khas kota Solo dengan bahan utama olahan daging, jeroan dan tulang kambing. Tengkleng sekilas menyerupai gulai, namun jika diperhatikan kuahnya lebih encer dan rasa lebih pedas karena ditambah potongan cabai. Kuah tengkleng terdiri dari rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, cengkeh, serai dan kemiri.

Tengkleng Solo pun mudah ditemui di berbagai sudut kota, beberapa warung makan Tengkleng Solo yang direkomendasikan antara lain Tengkleng Bu Dyah terletak di Pasar Klewer, Solo, Tengkleng Pak Manto di Jalan Honggowongso No 39 Solo, dan Tengkleng Mbok Galak di Jalan Ki Mangun Sarkoro No 122 Solo. Harga seporsi Tengkleng Solo biasanya mulai dari Rp 20 ribu per porsi.

 

Sate Buntel

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate ini terbuat dari daging kambing yang dicincang kemudian dibuntel tipis menggunakan lemak kambing dan ditusuk. Setelah itu dibakar dan dibubuhi kecap manis. Sate ini sangat empuk dan mudah untuk menyantapnya.

Beberapa tempat yang menyajikan hidangan sate buntel antara lain Warung Sate Bu Bejo di Jalan Lodji Wetan, Sate Kambing Tambak Segaran di Jalan Tambak Segaran No 39, Sate Buntel Mbok Galak di Jalan Ki Mangun Sarkoro No. 122, dan Sate Kambing Haji Bejo di Jalan Sebakung No 10 Lodji Wetan, Solo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement