Ahad 19 Mar 2017 11:14 WIB

Manfaat Beri ASI Hingga Dua Tahun

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Air Susu Ibu yang diperah.
Foto: ist
Air Susu Ibu yang diperah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemberian ASI hingga dua tahun ternyata masih memberikan manfaat yang baik bagi bayi. Meski makanan pokok berupa Makanan Pendamping ASI (MPASI), nyatanya ASI tetap menyumbangkan banyak keuntungan untuk anak, baik segi fisik atau pun mental.

"Pemberian ASI dua tahun itu memasok untuk sistem imun tubuh dan didominasi dengan vitamin," kata dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC.

(Baca juga: Beri ASI di Atas Dua Tahun Baik untuk Anak)

Jika MPASI memasok energi untuk tubuh bayi, maka ASI di usia dua tahun ke atas atau lebih lebih mengisi kebutuhan vitamin dan imun tubuh. Sebab ASI ketika bayi sudah lebih dari enam bulan, hanya memasok kebutuhan energi hanya 29 persen saja.

Imun tubuh yang baik memang sejak awal dipasok oleh ASI. meski sudah diberikan MPASI, tetap saja ASI menjadi pendorong utama kekebalan tubuh anak bekerja untuk menghindari sakit.

Di samping itu, ketika anak usia dua tahun atau lebih, sering kali ibu ingin buru-buru menyapih anak akan dianggap bisa lebih mandiri. Justru anak yang mendapatkan ASI lebih lama justru dikenal anak yang aktif dan penuh percaya diri.

Ketika anak disusui oleh ibu, ada ikatan kuat yang terjalin, hal itu pun berefek pada mental anak di lingkungannya. Sehingga ketika anak semakin lama diberikan ASI langsung, maka kestabilan mentalnya pun terbentuk dengan baik pula.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement