Rabu 08 Mar 2017 09:17 WIB

Yang Berbeda dari Festival Jajanan Bango Tahun Ini

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani
Perwakilan start up festival kuliner bango
Foto: desy susilawati / Republika
Perwakilan start up festival kuliner bango

REPUBLIKA.CO.ID,Festival Jajanan Bango (FJB) kembali digelar tahun ini. Kali ini, Bango sebagai penyelenggara acara akan menghadirkan para start up kuliner nusantara dari berbagai wilayah Indonesia.

Sedikitnya akan ada 10 pengusaha kuliner muda yang akan berpartisipasi dalam perhelatan kuliner akbar yang dinantikan para pecinta kuliner. Ini merupakan kali pertama Bango melakukannya sebagai upaya regenerasi dalam melestarikan warisan kuliner Nusantara.

Senior Brand Manager Kecap Bango Kaninia Radiatni menjelaskan selama ini perhelatan FJB hanya menghadirkan para legenda kuliner yang sudah berkiprah belasan hingga puluhan tahun di bidangnya. Keikutsertaan pemain baru di festival ini adalah dalam rangka regenerasi untuk menjaga eksistensi masakan Nusantara di kalangan muda di tengah pengaruh arus global.

"Bango punya misi pelestarian wisata kuliner. Kuliner nusantara  pasti ada regenerasi dari generasi satu ke generasi lain. Sesuatu yang sangat diperlukan," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (7/3).

Festival Jajanan Bango 2017 akan dilaksanakan pada 6 sampai 7 Mei 2017 di ICE BSD, Tangerang. Tahun ini sengaja diselenggarakan selama dua hari karena antusiasme pecinta kuliner yang tinggi. Kegiata  diawali dengan pencarian 40 startup kuliner. Bango akan menganugerahi 20 finalis terpilih sebagai Duta Regenerasi Kuliner Nusantara sebagai bentuk apresiasi dalam melestarikan kuliner Nusantara. Dari 20 finalis tersebut akan kembali dipilih menjadi 10 startup kuliner terfavorit yang dipilih secara online di situs resmi kecap Bango maupun akun Facebook resmi Bango.

Kesepuluh peserta terfavorit berhak mengikuti FJB 2017, setelah lolos serangkaian penilaian dan bersaing dengan puluhan pengusaha kuliner lain. Kriteria penilaian meliputi lain cita rasa otentik, tampilan, operasional dapur hingga perencanaan bisnis.

Adapun peserta start up kuliner ini datang bukan hanya dari Pulau Jawa namun dari daerah lainnya seperti Bandung, Yogyakarta, Solo, Klaten, Surabaya, Malang, Payakumbuh, Palembang hingga Ambon. Mereka hadir mewakili lima kategori makanan yang dianggap mewakili kuliner Indonesia, seperti sate, nasi, kuah, aneka bakaran dan camilan.

Beberapa startup kuliner yang siap berkompetisi untuk hadir menggoyang lidah Anda di FJB 2017 antara lain Sate Maranggi Tukang Masak, Sate Klatak Mas Tanto, Bakso Boedjangan, Tapong Minis, Sate Klopo Mbak Nayla, Rumah Makan Legoh, Nasi Kebuli Mbah Soleh, Pindang Agan Rumah Makan Beta Ruma, Klapertaart Online dan masih banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement