Senin 06 Mar 2017 14:36 WIB

Memasak Menggunakan Keju Camembert

Roti dengan isian keju camembert panggang. Nikmati bersama selai manis kesukaan dan rajangan kacang walnut yang sudah disanggrai.
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Roti dengan isian keju camembert panggang. Nikmati bersama selai manis kesukaan dan rajangan kacang walnut yang sudah disanggrai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasak dengan bahan keju sudah lama disukai di Tanah Air. Keju dianggap bukan lagi makanan yang tidak lazim di Indonesia.

Pada acara peluncuran keju camembert oleh Greenfields beberapa waktu lalu, chef Arimbi Nimpuno berbagi resep menggunakan keju camembert. Arimbi mengatakan, pada dasarnya keju ini bisa digunakan dalam banyak masakan.

"Misalnya dipakai sebagai tambahan salad juga bisa," katanya. Caranya sederhana, cukup potong camembert lalu tabur di atas sayur pilihan.

Ia membagi tips namun pilih saus salad yang tidak terlalu asam jika menggunakan camembert. Keju jenis ini lebih cocok bertemu saus salad yang cenderung manis dan ringan. Misalnya cranberry vinaigrette. Cara membuatnya mudah, cukup campurkan minyak zaitun dengan balsamic vinegar dan tambahkan selai cranberry.

Atau jadikan camembert sebagai campuran keju untuk lasagna dan makaroni misalnya. Bagi penggemar masakan Nusantara, Arimbi mengatakan rendang yang diberi tambahan keju camembert lalu dipanggang sebentar agar kejunya meleleh juga sedap.

Cara lainnya adalah memanggang camembert bersama roti yang sudah jadi. Misalnya roti jenis sourdough atau foccia.

Cukup buat lubang di bagian tengah roti. Isi lubang dengan keju camembert. Panggang hingga keju agak meleleh.

Setelah itu santap dengan selai manis kesukaan. Dan beri tambahan kacang walnut sangrai. "Mudah, enak, bisa untuk sarapan praktis," kata Arimbi.

Tips untuk memasak dengan camembert adalah kebalikan dengan menyantap langsung keju ini. "Untuk masakan gunakan yang langsung keluar dari kulkas. Untuk menyantap biarkan 30 menit dulu di suhu ruangan," katanya. Tujuannya, agar camembert tidak hancur ketika dimasak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement