Senin 06 Mar 2017 14:22 WIB

Menikmati Keju Camembert dalam Beragam Cara

Keju camembert goreng tepung dengan saus selai buah markisa.
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Keju camembert goreng tepung dengan saus selai buah markisa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keju camembert adalah salah satu varian keju alami. Uniknya, keju ini memiliki lapisan putih di bagian luar kejunya.

"Jangan salah mengartikan kalau keju ini bulukan," ujar chef Arimbi Nimpuno, saat peluncuran keju camembert oleh Greenfields Indonesia. Proses fermentasi keju alami membuat keju camembert memiliki lapisan putih. Arimbi mengatakan saat melahap keju camembert tidak perlu pula membuang lapisan putih tersebut.

Ada beragam cara menikmati keju camembert. Salah satunya adalah dimakan langsung.

Arimbi menjelaskan, cara terbaik memakan keju camembert langsung adalah membiarkannya dulu 30 menit di suhu ruangan sebelum menyantapnya. Proses ini akan membiarkan camembert melunak hingga terasa meleleh di mulut saat memakannya.

"Potong saja camembert lalu makan dengan buah anggur misalnya," kata Arimbi. Mungkin juga mengoleskan selai buah yang manis ke atas roti atau krakers dan memakannya dengan potongan camembert.

Keju ini juga bisa diolah dalam berbagai cara. Misalnya dibungkus dengan kulit lumpia lalu digoreng. "Makannya dicocol sambal," ujar Arimbi.

Atau menggoreng potongan keju ini dalam tepung roti yang kemudian dicelupkan ke telur dan dibalur lagi ke tepung roti lantas digoreng. Pastikan kata Arimbi, minyak sudah panas hingga saat menggoreng tidak gosong di luar namun masih dingin di dalam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement