Rabu 01 Mar 2017 05:32 WIB

Tujuh Saran Koki Selamatkan Masakan di Rumah

Rep: Gita Amanda/ Red: Esthi Maharani
Bagi masyarakat Indonesia, masakan rumahan ibarat identitas yang sudah melekat dan sulit untuk dilupakan.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Bagi masyarakat Indonesia, masakan rumahan ibarat identitas yang sudah melekat dan sulit untuk dilupakan.

REPUBLIKA.CO.ID, Meski telah mengikuti resep dengan baik, namun sering kali masakan rumah tak sesuai harapan. Berikut saran dari tujuh koki untuk menyelamatkan masakan di rumah. Dilansir The Independent tujuh koki memberikan sarannya:

Persiapan adalah kunci

Tom Cenci, koki eksekutif di Duck dan Waffle mengatakan agar selalu memperhatikan hal-hal sederhana seperti persiapan yang baik pada hari sebelumnya. Seperti beli bahan dan lakukan pemotongan bahan untuk masak di hari berikutnya. Dengan persiapan yang baik kita bisa lebih konsentrasi pada resep dan tidak terburu-buru dalam memasak.

Beli termometer oven

Jamie Thickett, kepala koki di Veneta, London, mengatakan panas akan terus memasak makanan terutama daging setelah itu telah dikeluarkan dari oven. Orang-orang begitu takut daging kurang matang, padahal setelah dikeluarkan panas yang tertinggal masih memasak daging itu kenapa sering kali daging terlalu matang.  

"Saya akan sangat menyarankan membeli termometer dan memeriksa suhu," ujarnya.

Pertajam keterampilan memotong

Neil Borthwick, kepala koki di Merchants Tavern, Shoreditch mengatakan belajar keterampilan pisau dasar adalah kunci. Ini berarti dapat memotong dengan konsisten dalam ukuran dan kualitas. Memiliki ukuran yang konsisten ketika memotong berarti bahan masak secara merata. Cara meningkatkan keterampilan pisau adalah latihan, latihan, dan latihan.

Berinvestasi di bahan dapur berkualitas tinggi

Meriel Armitage, pendiri Klub Mexicana mengatakan, berinvestasi pada bahan baku dapur berkualitas sangat penting. Seperti memiliki botol kecil minyak zaitun berkualitas tinggi.

Maksimalkan herba

Ben Marks, kepala koki di Perilla, London mengatakan, gunakan batang semua herba yang lembut akan membuat Anda menjadi koki yang lebih baik. Semua orang menggunakan daun tetapi ada juga rasa yang besar dan tekstur di batang.

Berpikir di luar kotak

Bruno Loubet, Chef Patron di Grain Store mengatakan perencanaan dan inspirasi adalah kunci sukses memasak. Ambil waktu duduk dan berpikir tentang apa yang Anda akan mempersiapkan. Perencanaan adalah kunci untuk penciptaan hidangan yang benar-benar sesuai harapan.

Keseimbangan PH yang tepat

Henrik Ritzen, koki eksekutif dari Aquavit London, mengatakan hal yang paling penting untuk belajar sebagai koki adalah menyeimbangkan keasaman dalam sebuah piring.  Anda dapat menambahkan cuka pada awal atau akhir proses memasak untuk hasil yang berbeda. Ini akan membawa lebih banyak rasa dan membuat makanan Anda lezat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement