Senin 30 Jan 2017 17:24 WIB

Ini Gangguan Jika Anak Terlalu Sering Main Gadget

Anak bermain gadget
Foto: AP
Anak bermain gadget

REPUBLIKA.CO.ID, Hati-hati jika ingin mengenalkan gadget kepada anak-anak. Meski bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan, penggunaan gadget yang tidak bijak bisa membuat anak mendapatkan beberapa gangguan, terutama dengan lingkungan di sekelilingnya.

Psikolog dari Tigagenerasi, Annelia Sari Sani mengatakan, di era sekarang, orang tua harus mengusai teknologi. Mereka tak boleh begitu saja mengecap dirinya generasi yang tidak paham teknologi.

"Mau tidak mau orang tua harus menguasai teknologi, minimal gadget yang dipakai oleh anak-anaknya," katanya.

Ia khawatir bila gadget digunakan tidak bijak dan tidak didampingi oleh orang tua akan menimbulkan masalah sebagai berikut.

1. Kurang interaksi

Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan gadget dikhawatirkan membuat anak kurang berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Padahal, dalam interaksi langsung, anak dapat belajar mengenali emosi, seperti marah, takut atau cemas. Sejumlah permainan virtual memang memberi tahu bahwa tokoh yang sedang dimainkan mengalami rasa tertentu, namun ada kalanya ekspresi wajah dan suara tidak sejalan dengan emosi.

2. Pasif

Anak yang terlalu sering bermain gadget cenderung pasif, tidak banyak bergerak sehingga dapat berpengaruh pada kesehatan fisik, misalnya menimbulkan kelebihan berat badan.

3. Diskoneksi dengan lingkungan

Bila terlalu lama dibiarkan bermain dengan gadget, dikhawatirkan anak akan terputus dari lingkungan sosial. Ia merasa tidak butuh keberadaan orang lain.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement