Kamis 15 Dec 2016 14:30 WIB

Cermat Memilih Investasi untuk Keuntungan Jangka Pendek

Menyimpan uang dalam deposito merupakan salah satu pilihan investasi jangka pendek.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Menyimpan uang dalam deposito merupakan salah satu pilihan investasi jangka pendek.

REPUBLIKA.CO.ID, Kesadaran akan pentingnya penambahan penghasilan secara pasif menyebabkan tingginya tingkat investasi oleh masyarakat Indonesia. Investasi berguna sebagai sarana penyimpanan dana untuk tujuan tertentu dengan jangka waktu sesuai dengan tujuan investasi tersebut. Jika menginginkan investasi guna menghidupi masa pensiun kelak, bisa memilih produk investasi dengan jangka panjang. Produk investasi jangka panjang yang dapat anda beli adalah properti, emas, reksa dana dan sebagainya.

Selain investasi jangka panjang, terdapat pula jenis investasi jangka pendek di mana jangka waktu investasi hanya selama 1-3 atau 5 tahun. Investasi ini biasanya digunakan untuk pembiayaan kebutuhan seperti pendidikan kuliah anak yang sedang menjalani sekolah menengahnya, atau pembiayaan kebutuhan jalan-jalan dan sebagainya. Biasanya produk investasi jangka pendek ini memiliki kualitas yang tinggi dan risiko yang rendah.

Berikut contoh produk investasi jangka pendek yang bisa dipilih:

Deposito

Deposito dapat dikatakan seperti produk perbankan tabungan berjangka yang mana selama jangka waktu tersebut, investor atau nasabah dilarang menarik dana tabungan tersebut. Jangka waktu untuk deposito beragam, ada yang 1, 3, 6 atau 12 bulan dan dana dapat dicairkan jika tabungan telah mencapai jangka waktu yang ditentukan. Pencairan dana sebelum jatuh tempo biasanya akan dikenakan biaya tambahan.

Karena dana deposito tidak dapat dicairkan secara tiba-tiba, investor dianjurkan untuk memiliki kondisi keuangan yang stabil. Tempo waktu yang beragam pun memberikan keleluasaan untuk memilih jangka waktu sesuai dengan tujuan finansial. Misalkan tidak memerlukan sebagian uang selama 1 tahun ke depan, Anda dapat menginvestasikannya untuk membeli deposito.

Deposito sangat sesuai dijadikan investasi jangka pendek karena keuntungannya yang melebihi bunga tabungan biasa sehingga Anda akan mendapatkan tingkat pengembalian yang relatif besar. Cara membuka tabungan deposito pun sangat cepat dan tidak rumit, Anda hanya perlu mengikuti prosedur pembukaan tabungan biasa. Deposito pun tergolong aman dan memiliki risiko rendah, tetapi keuntungan yang ditawarkan pun tidak setinggi pada investasi saham atau valuta asing.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement