Rabu 07 Dec 2016 18:25 WIB

Strategi Sederhana Bangun Kafe dengan Anggaran Terbatas

Bisnis kafe.
Foto:
Bisnis kafe.

Pengenalan dan pemasaran produk

Memperkenalkan kafe serta produk kopi sangat penting untuk tahap awal bisnis. Anda harus pintar-pintar memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran bisnis. Sosial media memungkinkan memperkenalkan sesuatu ke ratusan hingga ribuan orang hanya melalui sebuah aplikasi dan tidak memakan biaya yang tinggi. Misalkan Anda mempunyai sedikit modal, Anda dapat menggunakan aplikasi Instagram untuk memasarkan produk, yang harus diperhatikan adalah keindahan dari hasil foto yang akan diunggah. Semakin menarik hasil jepretan, konsumen akan semakin penasaran.

Manfaatkan inventori pribadi

Tidak semua yang ada di kafe harus baru, mungkin Anda harus membeli perabotan seperti meja atau kursi, tetapi alat masak lainnya dapat menggunakan kepunyaan pribadi. Yang harus dijaga adalah kebersihan serta kelayakan alat tersebut, kalau memang alat tersebut masih dapat dipakai, tidak ada salahnya menggunakan alat bekas. Anda pun dapat meminta bantuan teman atau keluarga dekat yang mempunyai ekstra inventori seperti piring atau cangkir agar dapat dipakai. Dengan cara ini, Anda mampu menekan pengeluaran.

Mendirikan Kafe Tidak Harus Bermodal Besar

Sebetulnya, tidak berarti membangun kafe yang sukses harus mempunyai modal yang besar, selama Anda memberikan kualitas produk dan pelayanan yang maksimal, tentunya konsumen akan selalu berdatangan. Pintar-pintar memanfaatkan barang yang telah dipunyai serta perkembangan teknologi juga dapat menekan modal yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, jika memang telah memiliki ide dan ragu untuk memulainya hanya karena modal, segera singkirkan pemikiran tersebut dan mulai bangunlah kafe impian anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement