Jumat 07 Oct 2016 04:14 WIB

Cara Mudah Memasak Bihun ala Korea Selatan, Japchae

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Winda Destiana Putri
Japchae, salah satu bihun ala Korea Selatan.
Foto: Pinterest
Japchae, salah satu bihun ala Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Kalau sudah sering melihat acara di stasiun Korea Selatan, Anda tentu tidak asing lagi melihat makanan bihun kecap yang biasa dikenal dengan sebutan ‘Japchae’. Japchae merupakan makanan tradisional masyarakat Korea Selatan.

"Ini semacam bihun goreng atau tumis khas dari Korea Selatan," ujar Chef Yoon Ji Yeon saat demo masak dalam acara K-Content EXPO KOCCA di ICE BSD Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (6/10).

Menurut Ji Yeon, makanan tradisional Korea ini biasanya menjadi menu wajib dalam pesta. Bukan saja rasanya yang enak tapi tampilannya yang berwarna dari beberapa campuran sayuran.

Untuk menunya sendiri, kata dia, tidak jauh berbeda dengan bihun goreng dari Indonesia. Hanya saja dia menggunakan bihun khas Korea Selatan (dangmyeon) yang tidak mudah rapuh saat dimasak. Dia menambahkan, campuran sayuran juga bebas sesuai dengan selera masing-masing.

Selain bihun khas Korea, pada kesempatan itu, Ji Yeon mengaku hanya menggunakan paprika dan wortel yang telah diiris,  potongan oden (semacam otak-otak ikan) dan irisan telur goreng. Kemudian kecap asin, gula dan garam, minyak wijen, bawang bombay, bawang putih yang telah dicincang dan sedikit daging sapi.

"Disesuaikan saja takarannya," kata dia. Tapi yang paling, dia menyarankan, agar bahan-bahan seperti wortel, oden dan paprika terlebih dahulu diiris tipis agar proses waktu pemasakannya tidak memakan lama.

Sebelum memasak bihun, tumisan daging yang telah diiris tipis sebaiknya lebih diawalkan proses masaknya. Setelah matang, daging tersebut harus segera ditiriskan. Anda bisa melangkah di tahap berikutnya, yakni merebus bihun sampai matang dan merekah lalu tiriskan.

Setelah segalanya telah siap, panaskan sedikit minyak goreng untuk menumis cincangan bawang putih dan bombay sampai mengeluarkan aroma sedap. Kemudian tambahkan tumisan daging, potongan wortel, paprika, oden dan irisan telur untuk diaduk secara merata sampai matang. Selanjutnya, masukan bihun yang disusul dengan bumbu seperti kecap asin, gula, garam dan minyak wijen. Aduk merata sampai matang lalu hidangkan dengan cara masing-masing.

Menurut Ji Yeon, proses masak Japchae bisa berlangsung hingga 30 sampai satu jam. Meski cukup lama, Ji Yeon menegaskan, Japchae termasuk masakah sehat karena tidak menggunakan banyak minyak goreng. "Dan banyak sayurannya," tegas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement