Selasa 27 Sep 2016 16:04 WIB

Alasan Bahwa Kartu Kredit Juga Bisa Hemat

Kartu kredit
Foto: pixabay
Kartu kredit

REPUBLIKA.CO.ID, Kartu kredit biasanya identik dengan beban utang untuk penggunanya. Siapa saja yang bertransaksi dengan kartu kredit, berarti sudah siap dengan segala cicilan di bulan berikutnya. Namun, ternyata menggunakan kartu kredit tidak selalu berdampak kurang baik bagi transaksi keuangan kita. kartu kredit juga bisa membuat kita lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan uang tunai secara biasa.

Terkadang, dengan menggunakan kartu kredit transaksi kita akan jauh lebih cepat dan praktis. Saat pergi ke mal di akhir pekan, dimana banyak orang yang berbelanja sehingga membuat antrian cukup panjang, di bagian counter. Tentunya hal ini cukup menyita waktu. Jika saja setiap orang menggunakan kartu kreditnya, mungkin saja waktu transaksi akan lebih cepat dan praktis bukan.

Selain alasan di atas, ada beberapa alasan lainya yang menjelaskan bahwa kartu kredit juga bisa membuat hemat.

Berikut ulasannya:

Lebih praktis saat dibawa dalam perjalanan

Untuk Anda yang hobi melancong, atau juga berencana ingin mencoba berlibur ke luar negeri, salah satu hal penting yang harus dipersiapkan adalah mengenai transaksi keuangan di sana. Berbeda Negara tentunya berbeda pula mata uang yang digunakan.

Bila melihat secara keseluruhan mata uang negara lain, biasanya lebih tinggi nilainya dibandingkan mata uang rupiah. Dapat dibayangkan jika membeli sesuatu di sebuah negara, apalagi jika harus menggunakan uang dolar atau euro, maka berapa lembar uang kertas yang harus kita bawa untuk sekedar persiapan saja. Agar lebih praktis gunakan kartu kredit.

Tidak usah repot dengan kembalian

Saat menggunakan uang tunai, dan membeli sesuatu di swalayan atau pusat perbelanjaan, bertransaksi dengan uang tunai berarti kita harus siap menerima uang kembalian jika jumlahnya melebihi harga beli. Kembalian ini umumnya terdiri dari uang kertas dan juga uang logam (recehan).

Mungkin cukup merepotkan jika saat dompet sudah dimasukan ke dalam tas, barang bawaan cukup banyak, belum lagi kita harus mengambil uang kembalian. Tentu lebih baik menggunakan kartu kredit bukan, karena kita hanya tinggal debit dan membubuhkan tanda tangan saja, semua langsung beres.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement