Jumat 09 Sep 2016 06:02 WIB

AyoMain! Dorong Orang Tua Kembali Main Bersama Anak

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Komunitas AyoMain
Foto: ist
Komunitas AyoMain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hidup di kota metropolitan tak jarang menuntut orang tua untuk menghabiskan sebagian besar waktunya dengan urusan pekerjaan. Kondisi ini menyisakan waktu yang terbatas bagi orang tua untuk mengajak anak bermain dan bergerak aktif.

Menyadari hal tersebut, Siti Syarifah terdorong untuk membentuk komunitas AyoMain. Melalui komunitas ini, wanita yang akrab disapa Rifa ini mendorong orang tua agar menyisihkan waktu mereka untuk bermain bersama anak di tengah kesibukan mereka.

"Adanya AyoMain ini menjadi fasilitas bagi orang tua untuk menyiapkan waktu bermain dengan anak. Menyiapkan waktu ya, bukan sisa-sisa (waktu)," kata Rifa saat ditemui dalam penganugerahan Health Agent Award 2016 di Conclave, Kamis (8/9).

Selain mendekatkan hubungan dengan orang tua, Rifa mengatakan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak ketika mereka bermain secara aktif. Melalui bermain, Rifa mengatakan sensori anak akan terstimulasi dan anak pun belajar untuk menggunakan otot-ototnya dan belajar mengoordinasikan gerakan tubuh serta mata mereka.

Dengan bermain, Rifa juga mengatakan anak-anak dapat belajar untuk mengambil keputusan. Melakukan permainan yang berbeda-beda juga bisa menjadi media bagi anak untuk memperoleh keterampilan baru. Rifa juga mengatakan kreativitas dalam membuat permainan baru bisa menghasilkan cara yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai baik pada anak seperti menjaga pola makan sehat serta kejujuran.

Oleh karena itu, dalam setiap kegiatan AyoMain Rifa mengatakan pihaknya akan merancang permainan yang disesuaikan oleh usia dan nilai yang ingin ditanamkan pada anak. Selain itu, dalam setiap kegiatan AyoMain, Rifa mengatakan selalu ada lima format permainan yang akan dilakukan oleh anak bersama dengan orang tua mereka.

Format bermain pertama ialah menciptakan kreasi. Dalam permainan pertama ini, anak-anak akan diminta untuk membuat sendiri alat permainan yang akan mereka gunakan sepanjang kegiatan AyoMain berlangsung. Kegiatan ini bertujuan agar anak-anak tidak terbiasa dengan segala sesuatu yang instan dan memiliki kreativitas untuk memanfaatkan barang di sekitar mereka menjadi sesuatu yang baru.

"Setelahnya, ada gim satu, dua dan tiga yang merangsang motorik dan kognitif anak," jelas Rifa.

Sebagai penutup, pada format bermain yang kelima AyoMain biasanya akan mengajak anak melakukan permainan yang berhubungan dengan seni. Seni ini mencakup bermain dengan media cat hingga musik.

Selain menyelenggarakan kegiatan yang mendorong orang tua dan anak bermain bersama, Rifa mengatakan AyoMain juga akan berbagi inspirasi mengenai permainan anak bersama orang tua. Inspirasi-inspirasi ini nantinya bisa diakses oleh para orang tua melalui berbagai akun media sosial Ayo Main.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement