Senin 05 Sep 2016 14:37 WIB

Ringgo Ame, Permen Langka dari Jepang

Rep: MGROL77/ Red: Andi Nur Aminah
Ringgo Ame, permen Jepang dari bahan apel
Foto: MGROL77
Ringgo Ame, permen Jepang dari bahan apel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permen khas Jepang berwarna merah saga dan berbentuk bulat mirip lolipop dipamerkan di ajang Jakpan Matsuri 2016 yang digelar di Parkir Timur Gelora Bung Karno, Ahad (4/9). Permen bernama ringo ame ini adalah permen khas Jepang yang hanya ada saat festival saja. Salah satunya di ajang Jakpan Matsuri 2016. “Ringgo Ame memang jarang, setiap ada acara Matsuri pasti di jual, pokoknya kalau ada even Jepanglah pasti ada,” ucap Mita Kristian penjual Ringgo Ame.

Ringo ame merupakan salah satu jajanan paling populer di Jepang. Sekilas bentuknya mirip dengan lolipop, tapi ukuranya yang besar dan warnanya yang merah mengkilat sungguh menggoda selera. Dengan warna yang merah menyala, ringgo ame menjadi salah satu jajanan yang cukup diminati.

Permen ini merupakan paduan antara apel merah yang ditusuk dengan sumpit sebagai gagangnya. Kemudian apel ini disiram dengan cairan karamel panas berwarna merah. Gula yang panas tadi langsung mengeras menyelimuti ringgo ame. Setelah betul-betul dingin dan mengeras baru kemudian dikemas dengan plastik putih bening.

Mita menjelaskan, ringgo ame memiliki ketahan selama satu minggu jika dimasukan ke dalam kulkas. Jika di simpan dalam suhu ruangan, camilan ini bisa bertahan selama tiga hari. Untuk menikmati permen tahunan ini, Ringgo ame dibanderol seharga Rp 35 ribu rupiah per buah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement