Selasa 19 Sep 2023 09:49 WIB

Mencicip Ichibo Yogan Yaki, Wagyu dari Pantat Sapi

Bagian pantat wagyu sangat lembut karena otot sapi minim digunakan di area tersebut.

Okuzono Japanese Dining mengenalkan menu baru Japan A5 Wagyu Ichibo Yogan Yaki.
Foto: Republika/Prayogi
Okuzono Japanese Dining mengenalkan menu baru Japan A5 Wagyu Ichibo Yogan Yaki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam dunia kuliner, wagyu dikenal sebagai daging sapi primadona. Di restoran Jepang Okuzono Executive Chef Naoyuki Shimada mengenalkan menu baru yang diracik dari bagian pantat sapi wagyu.

Bila daging wagyu relatif mudah ditemui, maka potongan wagyu dari pantat sapi tergolong unik dan langka. Shimada mengatakan, di Okuzono seporsi menu Japan A5 Wagyu Ichibo Yogan Yaki diambil hanya dari satu ekor sapi. "Porsi berikutnya, berarti dari sapi kedua," terangnya.

Baca Juga

Kata Ichibo dalam bahasa Jepang memang diartikan sebagi daging di dekat bagian belakang sapi. Potongan wagyu ini ekstra lembut karena bagian pantat sangat jarang terpapar dengan aktivitas yang membutuhkan penggunaan otot.

photo
Okuzono Japanese Dining mengenalkan menu baru Japan A5 Wagyu Ichibo Yogan Yaki. (Republika/Prayogi)

Di Okuzono, potongan wagyu ini tersaji sudah dalam bentuk dibakar sebentar dalam panggangan batu lava yang panas. Aroma smoky tipis pun muncul saat membaui daging.

Seporsi Wagyu Ichibo Yogan Yaki disajikan bersama sayur panggang dan kentang tumbuk. Chef Shimada menyarankan agar daging tersebut dibakar lagi di atas panggangan kecil yang tersaji di meja.

"15 detik saja di tiap sisi," kata dia. Tujuannya agar daging lebih lembut dan hangat saat masuk ke mulut. Sebagai teman makan daging, ia menyajikan pula cocolan saus dengan citarasa gurih dan pedas.

photo
Makananan yang menjadi menu baru di hadirkan saat pengenalan menu baru kepada media di Okuzono Japanese Dining di Jakarta, Jumat (8/9/2023). Okuzono Japanese Dining menghadirkan menu baru antara lain Kaiso & Seaweed Salad, Tasmania Beef and Corn Takikomi Gohan With Truffle Egg, Chokotton Don, Japan A5 Wagyu Ichibo Yogai Yaki dan Otsumami Plate. - (Republika/Prayogi)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement