Selasa 09 Aug 2016 15:52 WIB

Serba-serbi Selai Kacang

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Aneka jenis selai
Foto: Homemadebyyou
Aneka jenis selai

REPUBLIKA.CO.ID, Selai kacang atau mentega kacang (peanut butter) sering jadi pelengkap makanan kita. Namun, ternyata ada banyak jenis selai kacang yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Mulai dari selai kacang mete, almond, sampai kenari, punya manfaat yang berbeda. Masing-masing juga bisa diaplikasikan pada beragam menu, baik smoothie maupun saus salad. Simak yuk ulasannya.

Selai kacang mete

Tekstur selai kacang mete cenderung lebih creamy meski terlihat hampir sama dengan selai kacang pada umumnya. Selai kacang mete bisa ditambahkan pada menu apapun yang sama dengan selai kacang, termasuk camilan oatcake, Asian stir-fries, dan creamy chicken curries.

Selai kacang almond

Jenis selai ini berwarna gelap, kental, dan berminyak, dengan varian kacang almond mentah hingga panggang. Sangat cocok ditambahkan pada kue beras, cracker, smoothies, dan cheesecake bar.

Selai kacang hazel

Super berminyak dan agak berbongkah, selai kacang hazel yang sehat bisa jadi pelengkap sarapan lezat. Tambahkan selai ini pada es krim, kue, biskuit, atau sandwich.

 

Selai kacang kenari

Selai kacang kenari atau walnut bertekstur, berminyak, dan memiliki sensasi rasa gurih sedikit pahit. Selai kacang kenari sangat cocok dicampurkan dalam miso ramen, resep selada air resep, atau pada secangkir krim cokelat beku.

Selai biji labu

Selai biji labu alias pumpkin seed mungkin bukan termasuk kacang. Namun, selai berwarna hijau dengan tekstur kental, berminyak, dan sedikit pahit ini bisa jadi alternatif untuk dioleskan pada roti panggang renyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement