Sabtu 25 Jun 2016 07:16 WIB

Menyusui Bisa Pengaruhi Perilaku Anak, Ini Alasannya

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Ibu menyusui anaknya
Foto: Boldsky
Ibu menyusui anaknya

REPUBLIKA.CO.ID, Menyusui adalah proses pemberian air susu ibu (ASI) kepada bayi yang baru lahir hingga di usia tertentu. Pemberian ASI ini berguna untuk menyempurnakan pertumbuhan bayi dari kekebalan tubuh hingga kecerdasannya. Lalu apa manfaat lainnya dari pemberian ASI pada bayi usia dini?

Dilansir Boldsky, sebuah studi baru mengklaim bahwa menyusui dapat mengurangi kemungkinan gangguan perilaku tertentu pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman hidup bayi selama tahun pertama dapat menentukan perilakunya.

Para peneliti mengklaim bahwa bayi yang mendapat ASI selama tahun pertama memiliki kesempatan lebih sedikit terkena gangguan perilaku dibanding bayi lain. Durasi seberapa lama seorang ibu menyusui memiliki peran yang sangat penting di sini.

Efek positif dari menyusui dapat dilihat jika bayi disusui selama lebih dari enam bulan pada tahun pertama.

Gangguan perilaku pada anak dapat mencerminkan sifatnya sampai dewasa. Beberapa gangguan ini seperti sikap agresif, gelisah bahkan kekerasan yang mengarah ke kesehatan mental yang buruk. Gangguan perilaku tertentu dapat mempengaruhi kemampuan belajar dan hubungan sosial anak di kemudian hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement