Kamis 23 Jun 2016 17:20 WIB

Cara Membuat Alpukat Goreng Renyah

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah
Membuat alpukat goreng
Foto: Thekitchn
Membuat alpukat goreng

REPUBLIKA.CO.ID, Alpukat biasanya hanya diolah menjadi jus atau salad. Sekarang, buah berwarna hijau ini bisa dikreasikan menjadi masakan goreng yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Dengan beberapa langkah ini, Anda bisa membuat alpukat goreng renyah sendiri di rumah, dilansir dari The Kitchn.

1. Pilih alpukat yang sangat matang

Jika alpukat yang terlalu matang sering tidak terpakai untuk makanan olahan lain, maka alpukat ini cocok untuk dijadikan alpukat goreng. Tekstur alpukat goreng tidak keras seperti kentang. Panas akan semakin melembutkan alpukat yang membuat makanan ini lembut dan lumer di mulut. Dan tentunya sangat enak.

2. Perhatikan cara memotong alpukat

Kebanyakan kentang goreng dipotong memanjang demi mendapatkan kerenyahan maksimal. Begitupun dengan alpukat. Potong alpukat dari ujung atas ke ujung bawah. Anda bisa memulai dengan memotong alpukat ke dalam dua bagian memanjang, lalu masing-masing bagian dipotong menjadi empat sampai enam irisan, tergantung ukuran buah.

3. Kunci kerenyahan alpukat goreng

Tekstur alpukat yang lembut menjadi kontradiktif dengan renyah yang ingin di dapat. Untuk mendapatkan kerenyahan ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu:

a. Buat adonan tepung yang padat

Untuk membuat alpukat goreng terasa renyah, Anda harus memastikan telah membuat adonan tepung yang baik dan padat. Alpukat sepenuhnya dilapisi dengan tepung yang telah dicampur dengan air, garam dan merica.

b. Bubuhkan tepung panir

Pelapisan alpukat dengan tepung panir adalah salah satu kunci kerenyahan. Setelah dilapisi tepung panir, goreng alpukat di minyak yang banyak sampai berwarna cokelat keemasan.

c. Balik setelah matang di satu sisi

Karena Anda tidak ingin goreng alpukat hanya setengah renyah, jangan lupa membalik alpukat setelah matang di satu sisi. Pastikan kedua sisinya renyah.

4. Hidangkan goreng alpukat

Semua gorengan akan lebih nikmat jika dimakan dalam keadaan masih panas. Tetapi biarkan goreng alpukat dingin terlebih dahulu selama beberapa menit. Anda juga bisa menyajikannya dengan saus tomat atau mayo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement