Senin 19 Sep 2022 21:52 WIB

Punya Alpukat yang Terlalu Matang? Jangan Buru-Buru Dibuang, Coba Bikin Masker Wajah!

Alpukat yang terlalu matang masih bisa dimanfaatkan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Buah alpukat. Buah alpukat yang kematengan masih bisa dimanfaatkan untuk dijadikan masker wajah.
Foto: Pikrepo
Buah alpukat. Buah alpukat yang kematengan masih bisa dimanfaatkan untuk dijadikan masker wajah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alpukat yang matang sempurna kemungkinan sulit didapat. Bahkan, sering kali tampilan dagingnya dengan cepat berubah jadi kecokelatan.

Alpukat yang terlalu matang tetap bisa bermanfaat. Jadi, tidak perlu buru-buru membuangnya, ya!

Baca Juga

Sebuah video dari Metabolic Living menunjukan bagaimana para pecinta alpukat bisa mendapatkan hasil maksimal dari alpukat yang sudah sedikit terlalu matang. Ahli nutrisi dan pengembang resep Bella Grace membagikan cara memanfaatkan alpukat yang kematengan untuk dijadikan masker wajah.

Bella mengaku "benar-benar menyukai alpukat", dan sering membeli buah yang kurang matang agar bisa disimpan selama beberapa hari sebelum dimakan. Namun, buah alpukat tersebut justru kerap cepat berubah warna dan juga lembek.

 

Bella pun akhirnya menemukan solusi pemanfaatannya. Ia mendapati bahwa alpukat yang terlalu matang bisa dijadikan masker wajah, meskipun dapat saja dikonsumsi.

Menggunakan masker wajah alpukat sepekan sekali diyakini membantu agar "kulit halus" dan untuk mencegah jerawat. Dia juga memuji kualitas alpukat yang menghidrasi dan menyebut seluruh prosesnya begitu menyenangkan.

Meskipun alpukat terlalu matang mungkin tidak cocok dioleskan pada roti panggang atau salad, itu tidak berarti harus dibuang ke tempat sampah. Metode Bella berarti bisa memberikan alternatif yang juga sekaligus menghemat.

Untuk membuat masker wajah alami ala Bella, Anda hanya perlu seperempat buah alpukat yang dihaluskan, satu sendok teh yoghurt (tanpa pemanis), dan madu mentah. Pakar menyarankan bahwa madu Manuka, yang dipuji karena manfaat perawatan kulitnya, bahkan lebih baik daripada menggunakan madu mentah.

Sedangkan untuk manfaat kulit alpukat, penggunaannya dalam masker wajah berfungsi untuk melembabkan kulit, menurut Misumi Skincare. Tidak hanya itu, menggunakan alpukat pada kulit dapat membantu melawan peradangan dan menghilangkan minyak berlebih.

Bella menjelaskan bahwa madu Manuka sangat baik untuk kulit dan bersifat antimikroba, artinya dapat membunuh mikroorganisme seperti bakteri atau jamur. Menurut sebuah blog bernama Manuka Doctor, Manuka bersifat antiinflamasi, yang berarti dapat membantu menenangkan kulit yang merah dan teriritasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement