Senin 02 Oct 2023 11:33 WIB

Makanan Sehat untuk Anak tak Harus Mahal, Ini 5 Jenis yang Mudah Ditemukan

Ada 5 makanan yang dinilai bernutrisi untuk anak dan mudah ditemukan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Merebus telur (ilustrasi). Telur menjadi salah satu makanan yang dinilai bernutrisi baik untuk anak dan kehadirannya mudah ditemukan.
Foto: www.freepik.com
Merebus telur (ilustrasi). Telur menjadi salah satu makanan yang dinilai bernutrisi baik untuk anak dan kehadirannya mudah ditemukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk mengenalkan asupan sehat kepada anak, bisa jadi orang tua harus menghadapi tantangan yang beragam. Anak-anak membutuhkan makanan bergizi, lemak sehat untuk otak, kalsium untuk tulang, serta semua vitamin dan mineral yang ditawarkan sayuran.

Beberapa asupan sehat yang bisa diberikan ke anak di antaranya sayuran, kacang-kacangan, gandum utuh, susu, dan buah-buahan. Berikut ini lima makanan lain yang juga bernutrisi untuk anak, seperti dilansir dari laman Eating Well, Senin (2/10/2023):

Baca Juga

1. Yoghurt

“Yogurt adalah pilihan bagus untuk sarapan, camilan, bahkan hidangan penutu. Tapi Anda harus memperhatikan kandungan gula tambahannya,” kata Katie Andrews MS RD, pelatih nutrisi masa kanak-kanak dan pemilik Wellness by Katie. 

Yoghurt adalah camilan sehat, mengandung probiotik, dan mengenyangkan. Ini juga memenuhi kebutuhan protein dan vitamin D, nutrisi yang banyak tidak dimiliki anak-anak dalam makanan mereka. Pastikan untuk memeriksa yogurt yang dibeli mengandung vitamin D karena tidak semua merek memiliki kandungan tersebut.

2. Kacang

Kacang adalah makanan yang sangat bergizi, kaya akan protein dan serat, ditambah lagi harganya murah dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk menyiapkannya. Belilah kacang kalengan rendah sodium seperti kacang hitam, buncis, atau kacang merah. 

Andrews mengatakan, mengganti daging giling dengan kacang-kacangan dalam hidangan tertentu atau menambahkan kacang dengan pasta membantu menjaga protein tanpa lemak berkualitas tinggi sekaligus menambahkan nutrisi utama, yaitu serat. Anak-anak usia 4 hingga 8 tahun membutuhkan sekitar 25 gram serat setiap hari.

3. Telur

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu telur besar mengandung enam gram protein dan menghasilkan vitamin D, vitamin B12, dan zat besi. Beberapa telur juga diperkaya dengan asam lemak omega-3, yang membantu perkembangan otak anak-anak. Jangan khawatir tentang kolesterol dari telur, sebab lemak jenuh dan lemak trans memiliki dampak lebih besar dalam meningkatkan kolesterol jahat dibandingkan telur.

Saat sarapan, hindari memberikan kue kering, makanan yang digoreng, dan daging olahan. Sebaiknya ganti dengan telur.

4. Alpukat

Alpukat penuh dengan manfaat sehat dan merupakan cara mudah untuk memasukkan lemak sehat ke dalam makanan anak. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang mengurangi peradangan dan menjaga kadar kolesterol tetap sehat. 

5. Ubi jalar

Ubi mengandung beta karoten yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A, serat, dan potasium, menurut USDA. Asupan kalium yang cukup menjaga tekanan darah dan jantung tetap sehat. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement