Kamis 30 Mar 2023 17:52 WIB

Empat Makanan yang Bisa Perbaiki Kulit Rusak dari Dalam, Bikin Cerah dan Bersinar

Penting untuk merawat kesehatan kulit, baik dari luar maupun dalam.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Alpukat (ilustrasi). Alpukat menjadi salah satu makanan yang bermanfaat memperbaiki kulit dari dalam.
Foto: Pikrepo
Alpukat (ilustrasi). Alpukat menjadi salah satu makanan yang bermanfaat memperbaiki kulit dari dalam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit merupakan organ terbesar tubuh yang memberikan berbagai perlindungan bagi tubuh. Oleh karena itu, penting untuk merawat kesehatan kulit, baik dari luar maupun dalam.

Perawatan kulit dari luar bisa dilakukan dengan menggunakan beragam produk perawatan kulit. Sedangkan perawatan kulit dari dalam bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang dapat menunjang kesehatan kulit.

Baca Juga

Setidaknya, ada empat macam makanan yang diketahui bisa membantu merawat dan memperbaiki kerusakan kulit dari dalam. Bagi pemilik kulit kering dan kasar, konsumsi keempat makanan ini dapat membuat kulit menjadi tampak lebih bersinar dan cerah.

Selain bermanfaat bagi kulit, keempat makanan tersebut juga dapat memberikan beberapa manfaat lain bagi tubuh. Berikut ini adalah keempat makanan yang bisa menunjang kesehatan kulit dan tubuh tersebut, seperti dilansir Times of India, Kamis (30/3/2023):

1. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya akan serat, protein, zat besi, hingga vitamin C. Bila dikonsumsi setiap hari, alpukat dapat membuat tampilan kulti menjadi lebih lembut, membantu memperbaiki masalah kulit kusam, serta membuat kulti terlihat lebih glowing.

2. Kenari

Kenari dikenal sebagai satu-satunya makanan ramah vegetarian yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Jenis kacang ini juga memiliki kandungan sodium, kalium, zat besi, serta protein yang baik. Beragam kandungan gizi ini penting dalam menunjang kesehatan kulit. Konsumsi kenari juga digadang bisa membantu memperbaiki kerusakan kulti dan membuat kulit lebih lembut.

3. Tomat

Tomat memiliki kandungan likopen dan beragam vitamin yang tak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga kulit. Kandungan likopen dan beragam vitamin dalam tomat diketahui bisa membantu melindungi kulti dari paparan cahaya yang merusak. Konsumsi tomat pun bisa membantu menyamarkan kerut pada kulit.

4. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang populer di berbagai belahan dunia. Bukan tanpa alasan sayuran ini banyak disukai. Selain dapat menunjang kesehatan tubuh, brokoli dapat melindungi kulti dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Kandungan vitamin C, serat, dan zat besi yang tinggi dalam brokoli turut berperan dalam membuat kulit tampak lebih bercahaya. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement