Kamis 23 Jun 2016 11:22 WIB

Begini Cara Membuat Saus Tomat Rumahan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Buah tomat (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Buah tomat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  REPUBLIKA.CO.ID, Pernah menyaksikan sebuah foto viral di media sosial yang memperlihatkan ribuan buah tomat yang di buang begitu saja di pinggir jalan? Kejadian itu terjadi di salah satu wilayah di Indonesia loh!

Jika musim tomat tiba, memang terkadang bingung harus mengolahnya. Karena buah ini terbilang tidak terlalu bisa bertaha  lama. Padahal sebetulnya, jika ingin sedikit berusaha maka tomat-tomat tersebut bisa diolah menjadi saos tomat rumahan yang masa penyimpanannya akan lebih lama dibanding membiarkannya berupa buah tomat segar.

Untuk mengetahui bagaimana membuat sekumpulan saus tomat ukuran sedang untuk dapur atau kulkas Anda, mulai dari memilih tomat yang tepat sampai mengemasnya ke dalam sebuah toples, ada beberapa tips yang patut Anda simak di sini.

Membuat saus tomat tidak begitu sulit, tapi ini pasti membutuhkan kerja intensif. Bahkan untuk jumlah yang relatif kecil, butuh waktu dengan menghabiskan sore penuh pekerjaan dari memulai sampai selesai.

Jika Anda ingin membuat dalam jumlah yang lebih besar, mungkin Anda butuh waktu lebih dan layak berpikir untuk merekrut beberapa tenaga untuk membantu Anda. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement