Kamis 16 Jun 2016 10:01 WIB

Chef Degan Bagi Trik Mengolah Pasta

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Sepiring pasta
Foto: EPA
Sepiring pasta

REPUBLIKA.CO.ID, Pasta kelihatannya sangat mudah dalam membuatnya. Tinggal rebus pasta, campurkan sayuran dan daging, kemudian tambahkan saus dan berikan taburan keju. Tapi ternyata tidak sesimpel itu.

Salah-salah mengolahnya, pasta Anda tidak akan berhasil. Karena itu, dalam memasak pasta harus memperhatikan beberapa hal berikut seperti dijelaskan Chef Degan kepada kepada Republika.co.id, melalui surat elektroniknya.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah untuk memasak pasta jangan lupa memberi garam agar tidak hambar. Karena pasta sendiri memang tidak ada rasanya.

Kedua, saat merebus, pastikan cukup air untuk jumlah pasta yang akan dimasak. Perhatikan petunjuk di kemasan karena setiap jenis pasta membutuhkan waktu yang berbeda untuk mencapai tingkat kematangan yang tepat. Setelah air mendidih, kemudian pasta dimasukkan dan saat itulah perhatikan lama waktu memasak sesuai petunjuknya.

Untuk lama waktu memasak pasta, menurutnya tidak bisa disamaratakan. Alasannya, setiap pasta membutuhkan waktu yang berbeda untuk mencapai tingkat kematangan yang tepat, sesuai dengan bentuk dan ketebalannya. “Untuk pasta yang kecil-kecil tentu membutuhkan waktu yang lebih cepat dibanding jenis pasta yang lebar dan tebal,” tambahnya.

Chef Degan mengungkapkan kesalahan yang biasa dilakukan orang saat memasak pasta adalah terlalu lama memasaknya sehingga pasta menjadi lembek, agak seperti bubur. Atau kurang banyak airnya sehingga pasta tidak matang secara merata. “Atau setelah pasta dimasak, saat disimpan tidak dilumuri minyak sehingga pasta lengket saat akan diolah,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement