Kamis 09 Jun 2016 08:00 WIB

5 Fakta Penyebab Keriput

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Menjadi tua sama dengan memiliki keriput, tapi ada beberapa cara untuk meminimalisir munculkan tanda-tanda penuaan di kulit.
Foto: EPA
Menjadi tua sama dengan memiliki keriput, tapi ada beberapa cara untuk meminimalisir munculkan tanda-tanda penuaan di kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keriput, garis tawa, dan cincin yang melingkari leher Anda mungkin menjadi tanda-tanda penuaan yang tidak terelakkan. Selain sebagai tanda penuaan, ada beberapa faktor lain yang berperan membentuk keriput di wajah Anda. Berikut lima faktor pembuat keriput wajah, dilansir dari Prevention.

Tidak menggunakan tabir surya

"Sembilan puluh persen tanda penuaan datang karena kulit tidak terlindungi dari paparan sinar ultraviolet," ujar Mona Gohara, profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine.

Sebagian orang, kata dia, hanya memakai tabir surya di musim panas, dan tidak memakainya dalam kegiatan sehari-hari. Padahal tabir surya untuk melindungi kulit, bukan untuk pantai dan kolam renang saja. Jangan keluar rumah tanpa memakai SPF.

Terlalu banyak makan gula

Bagi Anda, gula mungkin hanya bisa membuat lingkar pinggang membesar. Tetapi mungkin Anda akan terkejut, ternyata gula bisa berpengaruh terhadap penuaan wajah.

"Kulit Anda adalah organ, dan gula tidak baik untuk organ apapun," kata Gohara.

Dia menjelaskan, gula dan karbohidrat tinggi lainnya mengandung tinggi glisemik yang dapat membuat peradangan kulit. Gula menyebabkan molekul yang mengikat kolagen dan elastin semakin melemah.

Tinggal di kota

Polusi udara kota sangat buruk bagi kulit dan paru-paru Anda. Penelitian menunjukkan, orang yang terkena paparan knalpot mobil dan polutan lainnya cenderung memiliki bintik-bintik keriput.

Jika mustahil bagi Anda untuk pindah rumah, hendaknya Anda banyak mengonsumsi makanan kaya antioksidan, misalnya buah beri, sayuran hijau dan lemak ikan. Selain itu, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan juga seperti serum vitamin C.

Menonton TV sampai larut malam

Anda menonton TV terus menerus sampai malam, sehingga merasa lelah dan sulit tidur? Hal tersebut bisa meningkatkan kadar kortisol, hormon stres yang memberikan kontribusi menciptakan keriput di wajah.

Kulit ternyata teregenerasi sendiri saat Anda tidur. Jadi jika Anda tidak cukup tidur, Anda akan kehilangan proses regenerasi kulit.

Merokok

Jika peningkatan risiko kanker, penyakit jantung, dan berbagai penyakit paru-paru tidak cukup menghentikan kebiasaan merokok Anda, bagaimana jika Anda mengetahui fakta bahwa rokok dapat membuat Anda terlihat tua?

Rokok memiliki dua bahaya pada kulit, pertama adalah menimbulkan keriput sekitar bibir karena kebiasaan menghisap. Kedua adalah bahan kimia yang terkandung bisa menyebabkan kulit kasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement