Rabu 08 Jun 2016 08:32 WIB

Yuk, Olah Pisang Jadi Es Krim Lezat

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Es krim pisang
Foto: Thekitchn
Es krim pisang

REPUBLIKA.CO.ID, Ada satu bahan 'ajaib' yang bisa diolah menjadi es krim lezat yang creamy. Bahkan, Anda bisa membuatnya sendiri di dapur tanpa alat ice cream maker.

Rahasianya adalah menggunakan buah pisang. Tidak hanya sekadar dicelupkan dalam lelehan coklat, pisang beku ternyata bisa dibuat jadi es krim tanpa tambahan susu atau macam-macam pemanis.

Caranya, siapkan pisang matang yang manis dan bertekstur lembut. Kupas pisang dan potong-potong dalam ukuran agak kecil. Letakkan pisang dalam wadah kedap udara dan bekukan potongan pisang selama minimal dua jam atau idealnya hingga semalaman.

Berikutnya, haluskan buah pisang beku itu dengan blender atau food processor. Hasil akhirnya akan menjadi lembut dan sedikit lengket. Tekstur itu persis seperti custard es krim, berkat kandungan pektin yang tinggi dalam pisang.

Anda bisa langsung memakannya, namun teksturnya masih cenderung lembut. Jika menginginkan tekstur yang lebih padat seperti es krim pada umumnya, tempatkan lagi pisang yang sudah dihaluskan dalam wadah kedap udara dan bekukan sampai padat.

Untuk mendapatkan cita rasa lain, Anda bisa menambahkan topping sesuai selera. Beberapa bahan yang direkomendasikan antara lain selai kacang, madu, nutella, coklat bubuk, stoberi, sedikit susu kental manis, atau kayu manis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement