Selasa 07 Jun 2022 17:57 WIB

Pisang Bisa Tetap Berwarna Kuning Segar Selama 15 Hari, Ini Triknya

Dengan teknik penyimpanan yang tepat, pisang bisa tetap kuning selama 15 hari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pisang di supermarket (Ilustrasi). Buah pisang bisa dipertahankan kesegaran dan warna kuningnya dengan teknik penyimpanan yang tepat.
Foto: Wallpaper Flare
Pisang di supermarket (Ilustrasi). Buah pisang bisa dipertahankan kesegaran dan warna kuningnya dengan teknik penyimpanan yang tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam hitungan hari, pisang berwarna kuning yang sudah matang bisa berubah warna menjadi cokelat. Warna kuning pada pisang sebenarnya bisa dipertahankan hingga 15 hari dengan teknik penyimpanan yang tepat.

Hal ini didemonstrasikan oleh Mike dari Kitchen Tips Online. Untuk melakukan demonstrasi ini, Mike membeli dua sisir pisang yang belum matang dan berwarna hijau dari rak yang sama di sebuah supermarket.

Baca Juga

Sesampainya di rumah, Mike menyimpan salah satu sisir pisang di meja dapur. Satu sisir pisang lain dia simpan di dalam wadah kedap udara, dan wadah tersebut juga dia letakkan di meja dapur. Dalam wadah ini, Mike juga meletakkan bola penyerap etilen.

Seperti diketahui, pisang, terutama di bagian batang, akan melepaskan gas etilen saat melalui proses pematangan. Gas ini lalu akan menyebar ke berbagai bagian lain untuk membantu proses pematangan.

 

Setiap hari, Mike memantau proses pematangan pada pisang yang disimpan di meja dapur dan pisang yang disimpan di wadah kedap udara. Pada hari kelima dan keenam, perubahan yang signifikan mulai terlihat.

Pada hari kedelapan, pisang yang disimpan secara terbuka di meja dapur menjadi lebih lembut dibandingkan pisang yang disimpan di wadah kedap udara. Pisang yang disimpan di meja dapur lalu disimpan ke dalam kulkas.

Penyimpanan di dalam kulkas ini dapat memperlambat proses pematangan pisang. Namun bagian luar pisang akan tetap menggelap. Setelah 10 hari, pisang tersebut menjadi sangat lembut.

"Kami memutuskan untuk membuat roti pisang," ungkap Mike, seperti dilansir Express, Selasa (7/6/2022).

Hal yang berbeda terlihat pada pisang yang disimpan di dalam wadah kedap udara dengan bola-bola penyerap etilen. Pada hari ke-12, pisang tersebut masih berwarna kuning dan memiliki sedikit warna kehijauan.

"Hari ke-15, Anda masih akan melihat sedikit warna hijau pada pisang," jelas Mike.

Saat dipotong, akan terlihat warna kecokelatan pada bagian bawahnya. Namun, warna tersebut muncul karena adanya tekanan dari beban pisang tersebut dengan wadah.

"Seperti yang Anda lihat, pisang ini masih cukup baik untuk dimakan," jelas Mike.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement