Selasa 07 Jun 2016 13:34 WIB

Pelembap, Kunci Penting Kecantikan Kulit Saat Puasa

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pelembab
Foto: flickr
Pelembab

REPUBLIKA.CO.ID, Kulit kering tak bisa dihindari saat puasa. Salah satu cara tepat untuk mengatasinya, menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Klinik Spesialis Kulit, Bamed Skincare, dr Radityo Anugrah, SpKK adalah dengan rutin menggunakan pelembap, baik pelembap untuk tubuh maupun wajah juga bibir.

“Penggunaan pelembap sangat penting, saat puasa kelembapan kulit menguap, hilang, sehingga kulit akan berpuasa, karena pasokan airnya berkurang. Karena itu pastikan gunakan pelembap,” sarannya kepada Republika.co.id usai acara Seminar Media, Kompetensi Spesialis dan Pemanfaatan Teknologi Kunci Utama untuk Perawatan Kulit Optimal, di Jakarta belum lama ini.

Ia mengatakan saat puasa, jangan terlalu sering menggunakan pelembap. Minimal satu kali dalam sehari. Dan dilakukan setelah mandi. Tapi sebenarnya pelembap ini boleh diulang hingga empat sampai enam kali. Namun saat puasa tidak enak terlalu sering pakai pelembap, apalagi ini daerah tropis dan kita tetap beraktivitas.

Karena itu pilihan pelembap jadi sangat penting. Jangan pilih pelembap jenis krim tapi lotion yang berbahan dasar air sehingga cepat terserap. “Pelembap penting karena kalau enggak, airnya pergi, airnya keluar,” ujarnya.

Sementara untuk wajah, dibutuhkan pelembap yang teksturnya berbeda. Bukan hanya tubuh dan wajah, saat berpuasa bibir juga sering kering. Tak kalah penting menggunakan pelembap bibir atau lip balm. “Pilihlah pelembap bibir yang tidak beraroma, tidak berpengawet,” tambahnya.

(baca: Dokter Paparkan Definisi Kulit Cantik Sehat)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement