Jumat 21 Apr 2023 08:00 WIB

Kiat Kulit Sehat Ala Son Ye-Jin

Konsumsi kolagen termasuk dalam rutinitas perawatan kulit Son Ye-jin.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aktris asal Korea Selatan, Son Ye-jin membagikan kiat perawatan kulit sehat/ilustrasi.
Foto: TvN
Aktris asal Korea Selatan, Son Ye-jin membagikan kiat perawatan kulit sehat/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi penggemar drama Korea, tentu saja nama aktris asal Korea Selatan Son Ye-jin tak lagi asing. Berprofesi sebagai figur publik dan aktris, tak aneh bila Ye-jin pun butuh melakukan perawatan diri agar tetap tampil maksimal.

Lantas, apa sajakah kiat kulit sehat ala Son Ye-Jin yang bisa kita tiru? Berikut di antaranya:

Baca Juga

1. Asupan nutrisi yang baik.

Mendapatkan kulit yang cantik dan sehat tak hanya dilakukan melalui perawatan luar, tapi juga dari asupan nutrisi yang baik. Seiring bertambahnya usia, Ye-jin menyadari bahwa arti kecantikan itu tidak terlihat dari wajah. Konsumsi makanan dan minuman ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulitnya. ''Setiap bangun, saya makan persik, karena masih musim juga, bluberi, dan jus buah campur-campur yang lebih ringan yang bermanfaat untuk kulit,'' ujar dia. 

2. Rajin mencuci muka.

Untuk perawatan kulit, bintang serial Crash Landing on You itu mengatakan selalu mencuci muka menggunakan sabun setelah bangun tidur. Ye-jin mengatakan, dia rutin berolahraga sejak usia 20-an tahun. Dia merasa menuai hasil dari rutinitas kebugaran itu saat ini.

3. Olahraga rutin.

Ye-jin juga mengaku berusaha olahraga rutin, tidur cukup, minum sehat, minum air putih. ''Saya terus berusaha hidup lebih sehat dan cantik,'' kata Ye-jin dalam satu ajang konferensi pers.

4. Konsumsi kolagen.

Tak ketinggalan, Son Ye-jin juga mengaku mengonsumsi minuman atau suplemen berkolagen untuk kesehatan kulitnya. Ini karena kulit yang sehat dan kenyal bergantung pada cukupnya kolagen dalam kulit.

Dokter spesialis gizi dr Yohan Samudra SpGK mengatakan, banyak penelitian yang membuktikan bahwa asupan berkolagen dapat membantu meningkatkan jumlah kolagen pada tubuh.

Penggunaan 2,5 gram kolagen peptide setiap hari selama 60 sampai 90 hari dapat membantu memperbaiki hidrasi dan elastisitas kulit, melindungi sel dan efek bahaya UVA. Tak hanya itu, konsumsi unsur tersebut dapat menyehatkan saluran pencernaan hingga dapat memperbaiki kondisi sarcopenia, radang sendi, penyembuhan luka, dan menambah imunitas.

Studi pada 2019, dari 11 penelitian, dengan total 805 pasien menggunakan kolagen hidrolisat 2,5 gram sampai 10 gram per hari selama delapan sampai 24 pekan untuk pengobatan uklus dekubitus, xerosis, penuaan kulit, dan selulit. Di penelitian lain, menggunakan kolagen tripeptida 3 gram per hari selama empat hingga 12 pekan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement