Senin 06 Jun 2016 10:02 WIB

Dokter Sebut Ortu Jadi Penyebab Anak tak Suka Buah Sayur

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Anak makan buah
Foto: AP
Anak makan buah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukan menjadi rahasia umum lagi jika anak-anak tidak menyukai sayuran dan buah-buahan. Ternyata, hal tersebut disebabkan oleh faktor yang biasanya dibuat oleh orang tua sendiri.

Saat anak-anak tidak menyukai rasa yang diberikan buah atau sayuran ini disebabkan sejak dini tidak diperkenalkan rasa alami. Justru oarang tua malah memberikan rasa buatan, seperti garam dan gula.

"Kurangi percampuran antara gula dan garam, biasakan anak-anak untuk merasakan rasa asli makanan," ujar dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K), dokter spesialis anak konsultan endokrin metabolik & diabetes anak RS Pondok Indah.

Ketika anak sudah merasakan gula dan garam, menurut dr. Aman, biasanya mereka tidak akan lagi menyukai rasa yang diberikan buah dan sayuran. Gula dan garam memebrikan rasa lebih kuat ketimbang rasa alami dari buah dan sayuran.

 

Aman menyerankan, agar orang tua jangan dulu memberikan gula dan garam sebelum anak terbiasa dengan sayur dan buah-buahan. Pilih buah dan sayur yang memiliki rasa enak dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak, seperti wortel atau timun.

(baca: Psikolog Paparkan Sekolah Terbaik untuk Anak)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement