Selasa 17 May 2016 16:48 WIB

5 Tips Atur Keuangan Agar Terhindar Pailit

Perencanaan keuangan
Foto: pixabay
Mengelola keuangan

Rajin Membayar Setiap Tagihan

Hampir setiap orang pernah mengalami kondisi pailit yang kadang mengharuskannya berutang atau meminjam sejumlah uang. Sebenarnya itu sah-sah saja hal ini dilakukan, namun perlu dilihat lagi pada perencanaan keuangannya, seberapa cukupkah pendapatan kita untuk memenuhi tagihan tagihan tersebut tiap bulannya.

Saat hal ini terjadi, maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membayar setiap utang atau tagihan tersebut dengan rajin. Jangan sampai membuat tagihan tersebut menumpuk yang akhirnya beban yang harus dibayar lebih tinggi. Lebih cepat menyelesaikan utang maka akan lebih baik. Sehingga pendapatan kita bisa dialokasikan pada kepentingan lainnya. Sebisa mungkin untuk menghindari berutang baik sejumlah uang atau barang.

Analisa Kembali Setiap Pengeluaran Secara Berkala

Hal ini penting untuk dilakukan untuk melihat setiap pengeluaran tiap bulan dan menganalisanya kembali. Mengingat jika ada beberapa pengeluaran yang bisa ditekan lagi, agar pendapatan bisa dialihkan untuk anggaran-anggaran lainnya atau untuk tabungan pensiun. Jika hal ini dapat dilakukan dengan baik, maka kesejahteraan finansial akan bisa dirasakan pada usia tua. Cermati setiap pengeluaran yang Anda lakukan mulai dari sekarang.

Gaya Hidup yang Sederhana

Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman modern ini gaya hidup terus berkembang. Semuanya seolah menjadi kebutuhan primer. Mulai dari gadget yang kian berkembang pesat serta mode yang sedang digandrungi para remaja khususnya. Atau kebiasan-kebiasaan saat ini seperti nongkrong di kafe atau nonton bioskop.

Untuk membuat perencanaan keuangan, hal lain yang perlu dilakukan adalah berusaha untuk hidup sederhana. Tidak perlu kita mengikuti semua perkembangan yang ada, seperi selalu berganti handphone dengan model terbaru. Cukup gunakan jika masih bermanfaat. Hal ini akan sangat membantu demi berjalannya perencanaan keuangan dengan baik dan terhindar dari kondisi pailit.

Mengatur keuangan agar terhindar dari pailit memang tidak gampang dan dibutuhkan usaha yang konsisten. Kebiasaan baik seperti menabung harus dimulai sejak dini, karena kebiasaan seperti ini akan berlanjut hingga masa depan. Juga, pemahaman tentang manajemen sangat diperlukan dalam pengelolaan keuangan. Anda dapat menggunakan tips di atas supaya terhindar dari masa suram dan pailit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement