Ahad 15 May 2016 05:33 WIB

Pakar: Jangan Panggil 'Kakak-Adik' untuk Si Kembar

Anak kembar
Foto: pixabay
Anak kembar

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pakar tumbuh kembang anak dr Fitri Hartanto SpA (K) mengingatkan orang tua yang memiliki anak kembar agar menghindari panggilan "kakak" dan "adik" kepada buah hatinya.

"Jangan panggil 'kakak-adik'. Kalau anak yang satu dipanggil 'kakak', ya, satunya juga 'kakak'. Kalau (memanggil) 'adik', ya, panggil semuanya 'adik," katanya, Sabtu (14/5).

Dalam budaya masyarakat Indonesia, khususnya Jawa, Fitri menjelaskan sapaan "kakak" dan "adik" menunjukkan adanya perlakuan yang berbeda sebab ada salah satu pihak yang harus mengalah.

Apalagi, kata dia, jika perlakuan orang tua terhadap mereka juga demikian, seperti menyuruh si "kakak" untuk mengalah demi adiknya yang merupakan saudara kembarnya, bukan kakak atau adiknya.

"Ini akan menimbulkan persepsi di antara mereka (anak kembar), siapa di antara mereka yang lahir duluan. Padahal, selama dalam kandungan mereka terbentuk secara sama," katanya.

Selain itu, Fitri mengatakan orang tua juga tidak harus selalu membelikan barang-barang yang sama persis terhadap anak kembarnya, seperti warna dan model karena kesukaan mereka bisa saja berbeda.

"Sesuaikan saja keinginan mereka. Kalau mereka ingin, misalnya, baju yang sama persis, ya berikan yang sama. Kalau ingin baju berbeda, ya biarkan berbeda," katanya.

Orang tua, lanjut dia, tugasnya mendampingi anak-anak dengan tidak memaksakan keinginan anak, tetapi tidak juga memanjakan karena akan berdampak kurang baik terhadap perkembangan perilakunya.

"Sebagai orang tua, ya harus mendampingi anak. Kalau keputusan yang diambil anak ternyata salah, orang tua harus menunjukkan kepada anak bahwa itu (perbuatannya) salah," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement