Kamis 21 Apr 2016 08:07 WIB

Mengajarkan Keuangan pada Anak? Ini Cara Mudahnya

Ajari anak mengelola uang
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Memberi uang saku atau uang jajan anak (ilustrasi).

Memberi anak tanggungjawab dan kepercayaan memegang uang saku

Selain melatih anak untuk bekerja dengan cara membantu menyelesaikan pekerjaan rumah, Anda juga mulai harus memberikan kepercayaan dengan memberikan uang saku yang harus menjadi tanggung jawab anak. Anak harus berlatih bertanggung jawab atas uangnya sendiri.  

Untuk lebih mendukung anak berlatih bertanggung jawab atas uang mereka, berikan uang saku mulai dari per tiga hari, mingguan, kemudian bulanan. Biarkan anak berlatih per tahapan periode pemberian uang saku dan naikkan periodenya ketika ia sudah berhasil mengelola di tahap sebelumnya.

 

Mulailah mengajar dan mendidik anak menyisihkan sebagian uang mereka untuk ditabung

Tekankan pola hidup hemat pada anak. Sehingga ketika ada kejadian mendadak atau suatu keadaan yang mendesak sehingga membuat mereka harus mengeluarkan uang lebih banyak daripada biasanya, hal itu bisa diatasi dengan dana tabungan. Berikan pemahaman bahwa menabung juga harus dilakukan tidak hanya pada saat mereka kecil. Namunn hal itu harus dipelihara dan menjadi kebiasaan saat mereka sudah dewasa.Ini penting untuk membantu mereka mencapai impian mereka sendiri

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement