Kamis 21 Apr 2016 08:07 WIB

Mengajarkan Keuangan pada Anak? Ini Cara Mudahnya

Ajari anak mengelola uang
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kenalkan konsep uang dan cara menggunakannya sejak dini ke anak.

Ajarkan sedini mungkin mengenai nilai uang kepada anak

Mulailah dari nominal uang paling kecil dan biarkan anak mulai berlatih melakukan transaksi. Tujuannya agar  ia memahami bahwa uang memiliki nilai berbeda-beda. Dan ia akan memahami bahwa setiap produk memiliki   nilainya sendiri-sendiri.   

Dari kebiasaan sederhana ini, pemahaman anak mengenai nilai uang akan meningkat dan ia akan mulai mengetahui   bahwa membutuhkan pengorbanan dalam bentuk sejumlah uang tertentu ketika ia menginginkan sesuatu.

Kenalkan dan ajarkan cara memperoleh uang

Selain mengajarkan anak mengenai fungsi uang untuk ditukar dengan produk kebutuhan, kenalkan dan ajarkan juga kepada anak mengenai cara memperoleh uang. Didik anak Anda untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah dan  berikan penghargaan yang salah satunya adalah memberikan uang dengan jumlah tertentu. 

Dengan begitu ia paham bahwa untuk mendapatkan uang pun membutuhkan pengorbanan. Jangan sampai anak memiliki pikiran bahwa uang didapatkan dari mesin ATM. Berikan pemahaman bahwa uang yang tersimpan di mesin ATM sebenarnya juga berasal dari hasil kerja yang disimpan dengan menyetorkannya di teller atau mesin setoran tunai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement