Rabu 13 Apr 2016 10:19 WIB

Gardens by The Bay Disulap Bak Surga Tulip Turki

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Hamparan tulip di Gardens by the Bay Singapura menyemarakkan agenda Tulipmania Rediscovered.
Foto: IG Gardens by the Bay
Hamparan tulip di Gardens by the Bay Singapura menyemarakkan agenda Tulipmania Rediscovered.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Bunga tulip saat ini mungkin identik dengan Belanda. Akan tetapi, sedikit yang mengetahui bahwa tulip berasal dari Asia, lebih tepatnya Turki. Keindahan tulip yang berasal dari Turki ini yang coba ditonjolkan melalui Tulipmania Rediscovered di Garden By The Bay, Singapura.

Tulipmania Rediscovered telah dibuka untuk umum sejak 8 April lalu. Uniknya, bunga-bunga tulip di taman tersebut disusun dengan gaya carpet-style garden yang mempresentasikan gaya Turki yang merupakan latar belakang munculnya tulip.

"Asal tulip dari Asia Tengah, jauh sebelum tulip ada di Belanda," kata asisten direktur dari Flower Field Design di Gardens By The Bay, Marziah Omar.

Sekitar tahun 1.500-an, terang Omar, tulip merupakan bunga yang menghiasi kebun besar milik para sultan di era Turki Usmani. Di kebun besar itulah orang Eropa mulai mengenal tulip. Nama tulip pun berasal dari kata tulipan yang merupakan bahasa Turki untuk turban atau penutup kepala sultan.

Oleh karena itu, Omar ingin membawa para pengunjung kembali ke era di mana tulip mulai dikenal pada era Turki Usmani. Selain ingin membawa para pengunjung ke masa lalu untuk mengeksplorasi tulip, Omar juga mengajak para pengunjung untuk menikmati keindahan tulip dari Belanda. Beberapa tulip yang dihadirkan langsung dari Belanda didatangkan dari daerah Lisse.

(baca: Rollercoaster Universal Studios Mandek Ketika Sedang Berputar)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement