Kamis 31 Mar 2016 10:02 WIB

Bambang Pamungkas Ungkap Triknya Membesarkan Anak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Bambang Pamungkas
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Bambang Pamungkas

REPUBLIKA.CO.ID, Bambang Pamungkas, pesebakbola Tanah Air, memiliki trik jitu membuat anak-anaknya menjadi anak hebat. Baginya hebat itu bukan hanya cerdas secara intelektual tapi juga peduli terhadap lingkungan sosial.

Ayah dari tiga orang putri ini memiliki tiga cara jitu untuk membentuk anak hebat. Pertama, yang paling adalah pendidikan. Karena pendidikan sangat penting. Pendidikan bukan hanya disekolah tapi juga akhlak.

Yang kedua, Bambang mengajarkan bagaimana anak-anaknya ini berani menjadi diri sendiri. Mereka mampu mengutarakan pendapat dan keinginan mereka. “Saya tidak mau anak Saya menjadi orang lain dirumah,” ujarnya dalam konferensi pers kampanye Bebehero, belum lama ini.

Bambang juga berusaha untuk demokratis di rumah. Dia dan istrinya memberikan anaknya kebebasan berpendapat, mengajak anak-anak berdiskusi. Kemudian mereka menyimpulkan bersama. Dan yang ketiga adalah bagaimana mereka belajar berbagi sejak dini.

Bambang Pamungkas saat ini cukup  aktif dalam kegiatan sosial termasuk HIV AIDS anak hingga kanker anak. Dia mengajarkan anaknya berbagai lewat kegiatan sosial tersebut. Supaya mereka melihat gambaran riil bahwa mengulurkan tangan itu penting. Karena di situlah akhirnya mereka belajar bagaimana hidup bersandingan dengan orang lain.

Ia mengakui istrinya lah yang paling tepat jika membicarakan pengasuhan anak-anaknya. Tapi setidaknya Bambang juga mencoba untuk sedikit banyak terlibat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement