Selasa 29 Mar 2016 15:04 WIB

Cek Dulu Ini Sebelum Mencicil dengan Kartu Kredit

Kartu kredit
Foto: pixabay
Kartu kredit

REPUBLIKA.CO.ID, Saat pergi ke pusat perbelanjaan, apalagi menjelang akhir pekan dan akhir tahun, biasanya akan sangat banyak promo yang diberlakukan untuk setiap item barang kebutuhan masyarakat. Dan, pasti akan disukai oleh masyarakat. Dengan adanya promo yang menarik, sekalipun menggunakan kartu kredit, tetap saja tidak mengurungkan niat seseorang untuk berbelanja di sana.

Membeli apa saja dengan uang tunai sebetulnya merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang, ketika membeli sesuatu. Dengan begitu, tidak ada beban yang didapat oleh seseorang tersebut saat ia berhasil mendapatkan barang yang ia inginkan. Selain itu, proses pembelian dengan uang cash tidak berbelit seperti menggunakan kartu kredit.

Tapi, dengan banyaknya promo kartu kredit yang bermacam-macam, terkadang orang lebih tergiur dengan promo tersebut, yang sebenarnya akan membebani dia. Misalnya saja promo kartu kredit sebuah bank yang menawarkan cash back tertentu dan undian berhadiah, untuk pembelanjaan minimum Rp 200.000 hingga Rp 500.000. Promo ini kurang cocok bagi Anda yang jarang berbelanja dengan minimum pembelian sebesar nominal tersebut. Anda jangan memaksakan hal tersebut, hanya untuk mendapat hadiah yang belum tentu Anda yang beruntung mendapatkannya.

Tapi ada satu hal yang membuat penggunaan kartu kredit begitu digandrungi, yaitu dengan adanya fasilitas cicilan. Layanan itu akan membuat produk yang kita beli dengan kartu kredit pembayarannya bisa diangsur dengan nilai lebih ringan.

Tapi sebelum melakukan transaksi, apa saja hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan cicilan dengan kartu kredit? berikut ulasannya.

Perhatikan Bunga Cicilan

saat Anda akan mencicil barang, Anda perlu memperhatikan bunga cicilan yang ditawarkan oleh pihak Bank. Mungkin ada baiknya, jika Anda ingin berbelanja memakai kartu kredit, pilihlah promo yang cicilan bunganya nol persen. Dengan begitu, saat membayar cicilan per bulannya, Anda hanya membayar sesuai dengan tagihan saja, tanpa menggunakan bunga.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement