Selasa 15 Mar 2016 12:59 WIB

Ini Cara Berkreasi Cokelat Ala Chocolatier Belgia

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
 Artisan Glacier Chocolatier Stephen Vandeparre
Foto: Republika/Adysha CR
Artisan Glacier Chocolatier Stephen Vandeparre

REPUBLIKA.CO.ID, Cokelat merupakan salah satu kudapan yang digemari anak-anak hingga orang dewasa. Cokelat pun dapat menjadi alat untuk mengasah kreativitas dengan cara mengkreasikan resep cokelat. Pembuat cokelat atau chocolatier asal Belgia membagikan sedikit bocoran mengenai cara membuat cokelat yang lezat sekaligus segar dengan mudah.

"Membuat cokelat itu pada dasarnya mudah, hanya produksi dari membuat kakao menjadi cokelat saja yang cukup memakan waktu, karena tempatnya berjauhan," ungkap Artisan Glacier Chocolatier Stephen Vandeparre saat ditemui di Pullman Hotel.

Vandeparre pun menunjukkan bahwa membuat cokelat lezat ala Belgia ternyata tidak membutuhkan bahan yang rumit. Untuk membuat cokelat karamel markisa, misalnya, yang diperlukan hanya 500 gram gula, 500 gram puree markisa, atau markisan yang dihaluskan seperti bubur, 1 kg cokelat yang terdiri cokelat hitam dan cokelat susu, serta mentega sebanyak 100 gram.

Pada tahap awal, Vandeparre memanaskan gula di atas panci kecil secara bertahap. Pada tahap awal, Vandeparre memasukkan sepertiga dari gula yang ada ke dalam panci hingga mencair dan berubah warna menjadi cokelat. Selanjutnya, Vandeparre menambahkan sepertiga gula lagi ke dalam gula yang sudah mencair dan kembali mengaduk gula serta menambahkan kembali sisa gula yang ada ke dalam panci kecil.

"Ini namanya (teknik) caramel a sec," jelas ahli yang telah bergelut dengan cokelat selama 25 tahun ini.

Vandeparre juga telah menyiapkan puree markisa sebanyak 500 gram di tempat terpisah. Cara membuat puree ini, lanjut Vandeparre, sangat mudah. Markisa hanya diolah dengan cara diblender hingga halus kemudian disaring sampai tekstur benar-benar lembut dan cair.

Di tempat terpisah, Vandeparre memasukkan seluruh cokelat dan mwntega ke dalam mangkuk besar. Setelah gula telah menjadi karamel yang sempurna dan tidak memiliki tekstur berpasir, Vandeparre memasukkan karamel ke dalam baskom berisi cokelat dan mentega. Setelah itu, Vandeparre mengaduk rata karamel, cokelat dan mentega yang secara otomatis mencair akibat panas dari karamel.

Vandeparre kemudian memasukkan puree markisa dan kembali mengaduk campuran tersebut hingga menyatu sempurna. Setelah itu, adonan cokelat yang dicampur karamel dan markisa ini dapat dimasukkan ke dalam cetakan cokelat sesuai selera dan didinginkan hingga mengeras. Campuran antara cokelat, karamel dan buah markisa ini menghasilkan cita rasa cokelat yang tak hanya manis dan lezat tetapi juga segar akibat sentuhan asam dari markisa.

"Jika ingin dijadikn selai, bisa tambah lebih banyak cokelat. Buah markisa juga bisa diganti dengan buah-buahan lain yang dihaluskan. Tidak ada masalah," kata Vandeparre.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement