Selasa 23 Feb 2016 09:01 WIB

3 Cara Memilih Dokter Anak yang Tepat

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Pasien anak penderita ISPA, Kristalino (3 tahun), bersama ibunya duduk di ruang rawat anak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Doris Sylvanus, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (29/10).  (Antara/Jessica Wuysang)
Pasien anak penderita ISPA, Kristalino (3 tahun), bersama ibunya duduk di ruang rawat anak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Doris Sylvanus, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (29/10). (Antara/Jessica Wuysang)

REPUBLIKA.CO.ID, Saat berhubungan dengan kesehatan anak, orang tua tidak bisa sembarangan menjatuhkan pilihan pada dokter tertentu. Anda perlu selektif dalam meilih dokter anak yang cocok tidak hanya bagi anak, tapi juga diri Anda sendiri.

Memutuskan seorang dokter anak adalah salah satu keputusan penting yang harus dibuat. Idealnya, dokter anak yang dipilih merupakan seseorang yang dipercaya dan mitra terbaik Anda untuk merawat anak.

Agar tidak sembarangan memilih dokter anak, berikut ini langkah-langkah yang dapat diambil untuk memilih dokter anak yang tepat.

Dapatkan rekomendasi dari dokter lain

Sebuah studi dalam jurnal Pediatrics menemukan, 20 persen dari ibu baru mengatakan mereka tidak menerima saran dari dokter mereka tentang menyusui atau posisi tidur bayi. Lebih dari 50 persen mengatakan mereka tidak menyarankan pada lokasi tidur atau penggunaan dot. Perlu Anda catat, mencari dokter anak yang mau memberikan waktu luang untuk berkonsultasi masalah selama kunjungan bahkan di luar kunjungan.

Juru bicara  Infant Nutrition Council of America Meg Meeker mengatakan salah satu cara terbaik menemukan dokter anak yang baik dengan cara meminta saran dokter atau perawat ketika mereka memeriksa kondisi anak-anaknya. Jangan hanya mengandalkan rekomendasi dari kerabat atau situs jejaring online.

"Jika Anda mulai hanya dengan teman-teman Anda, Anda mungkin berakhir dengan hanya orang yang baik tetapi Anda tidak akan selalu tahu bahwa mereka orang yang paling cerdas," katanya dikutip dari Foxnews.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement