Ahad 14 Feb 2016 16:44 WIB
Konsultasi Keuangan

Kiat Berbisnis Bersama Keluarga

Menjadi pebisnis bukan hal mudah, perlu strategi dan ketangguhan.
Foto:
Pelaku bisnis

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi acuan ketika Anda memutuskan berbisnis bersama keluarga.

1. Tujuan bersama

Sebuah keputusan untuk berbisnis bersama keluarga haruslah menjadi sebuah tujuan bersama dalam sebuah keluarga.  Jika anak Anda masih kecil, berarti pelibatan sebuah keputusan haruslah menjadi komitmen pasangan suami atau istri. Sementara jika anak Anda sudah bisa diajak berkomunikasi secara intelektual, maka melibatkan anak tentu menjadi poin penting, di samping mengajarkan anak untuk memahami bahwa mereka punya hak dan tanggung jawab dalam bisnis yang akan kita jalankan nantinya.

Tujuan bersama ini menjadi penting, karena masing-masing akan terlibat dalam sebuah proses panjang dalam memahami indahnya bisnis (beauty of business).

Tujuan bersama ini berisi visi sebuah bisnis dalam memberi servis keluarga, maka nilai yang menjadi arah dari bisnis dalam sebuah keluarga otomatis menyesuaikan dengan prinsip-prinsip yang Anda bangun dalam keluarga Anda masing-masing.

2. Memahami bidang bisnis secara bersama

Usahakan ketika Anda memutuskan sebuah bisnis, libatkan talenta dan passion secara bersama-sama.  Misalkan keluarga Anda sering bepergian untuk mencari dan menikmati wisata kuliner, maka tidak ada salahnya Anda mencoba bisnis yang berhubungan dengan dunia kuliner.

Atau Anda sangat passion sekali ketika berbicara tentang dunia mode, tidak ada salahnya Anda mencoba menekuni dunia mode secara bersama-sama. Inti memahami bidang bisnis secara bersama adalah ketika Anda bersama keluarga ‘nyemplung’ ke dunia tersebut, sepertinya Anda tidak lagi bekerja, tetapi Anda lagi menjalankan hobi Anda.  Asyik bukan, melakukan hobi dan kita dibayar.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement