Jumat 05 Feb 2016 07:22 WIB

Sushi Sebabkan Cacingan, Mitoskah?

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Sushi
Foto: pixabay
Sushi

REPUBLIKA.CO.ID, Sushi bukan sekedar makanan dengan nasi dan ikan mentah. Dengan minimnya pengetahuan tentang sejarah makanan asli Jepang ini lantas tumbuh banyak rumor dan mitos. Anda pun mungkin saja selama ini sudah hidup dalam kebohongan kecuali Anda adalah seorang ahli perikanan. Berikut adalah beberapa mitos tentang sushi yang tidak perlu Anda percayai lagi.

Lebih segar lebih baik

Bagi seorang pecinta sushi tentu Anda akan tergiur ketika menonton dokumenter alam dan menyaksikan seekor beruang memakan ikan langsung dari sungai. Sayangnya, kesegaran ikan belum tentu lebih baik. Kebanyakan ikan yang ditangkap nelayan langsung dibekukan. Proses pembekuan ini juga membantu membunuh parasit yang masuk ke daging. Ahli sushi juga tahu dengan membiarkan ikan disimpan sedikit lebih lama akan menimbulkan cita rasa khas.

Sushi membuat Anda cacingan

Fakta cacing pita nyaris bisa ditemui di hampir setiap jenis daging adalah fakta menyedihkan. Memakan daging mentah pun akan meningkatkan resiko parasit dari makanan. Untungnya, akan sangat jarang Anda mengonsumsi daging yang belum dibekukan baik itu daging sapi maupun ikan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, proses pembekuan daging bisa membunuh berbagai parasit yang buruk untuk tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement