Rabu 03 Feb 2016 09:27 WIB

Waspadai Kebiasaan Anak Suka Mengunyah Rambut

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Kebiasaan anak bermain bahkan memasukkan rambut ke mulut harus jadi perhatian orang tua.
Foto: pixabay
Kebiasaan anak bermain bahkan memasukkan rambut ke mulut harus jadi perhatian orang tua.

REPUBLIKA.CO.ID, Orang tua Niuniu Liang (9 tahun) tiba-tiba kebingungan karena si anak terus menerus muntah. Ternyata, setelah diperiksa oleh dokter terdapat bola rambut seberat dua kilogram dari perut Niuniu. Dokter pun mengetahui penyebab Niuniu selalu sakit adalah karena saluran pencernaannya terhambat rambut.

Sang ayah Cai Liang mengakui anaknya memang punya kebiasaan mengunyah rambut. "Kami selalu memberi tahunya (Niuniu) untuk tidak mengunyah rambut, tapi kami tidak sampai berpikir akan berujung seperti ini," ujar warga Zhoukou, Cina seperti dilansir Kidspot.

Setelah mengetahui hal itu, ia pun tahu alasan anaknya menjadi sulit makan. Niuniu Liang dibesarkan oleh kakek neneknya di desa dekat Zhoukou. Ketika sang ayah menengok Niuniu, ia menyadari ada yang tidak normal dengan anaknya.

Cai Liang pun membawa Niuniu ke rumah sakit dan menemukan benda asing dalam perutnya. Dokter yang melakukan operasi mengatakan, Niuniu mengunyah rambut karena stres ketika tidak berada di samping orang tua.

"Saya istri saya akan berusaha agar bisa selalu di samping Niuniu," ujar Cai.

Operasi tersebut berhasil dilakukan namun Niuniu sempat dirawat di rumah sakit untuk pengawasan.

(baca: Anak Harus Miliki 2 Keterampilan Ini Agar Sukses)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement