Rabu 27 Jan 2016 09:34 WIB

Mencuci Piring Pakai Tangan Jauhkan Alergi pada Anak

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah
Mencuci piring
Foto: Timeforkids
Mencuci piring

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda ingin selalu anak terhindar dari pelbagai alergi yang bisa disebabkan oleh bermacam hal? Studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics menyatakan, mencuci piring dengan tangan memungkinkan anak terhindari dari berbagai jenis alergi. 

Peneliti di Swedia melakukan survi  terhadap 1.029 orang tua yang memiliki anak-anak dengan rentang usia 7 hingga 8 tahun. Mereka mengatakan, anak-anak yang menggunakan piring yang dicui dengan tangan memiliki peluang alergi lebih kecil dibandingkan dengan yang mencuci menggunakan mesin.

Dilansir Timeforkids, dalam sebuah penelitian menyatakan, mencuci pirang menggunakan mesin akan menghasilkan cucian yang lebih bersih. Tapi kenapa justru anak-anak lebih baik makan menggunakan piring yang dicuci menggunakan tangan?

Salah satu penjelasan yang bisa membuka tabir rahasia ini adalah hipotesis kebersihan. Dalam hipotesis tersebut menjelaskan bahwa alergi pada anak-anak dapat lebih berkembamh karena lingkungan yang justru terlalu bersih.

Sistem kekebalan tubuh  membuat Anda tetap sehat dengan memerangi kuman seperti bakteri dan virus. Tapi, bila Anda memiliki alergi, itu akan bereaksi berlebihan dan mencoba menyerang pada hal-hal yang ringan. Seperti debu atau jenis makanan tertentu.

Menurut Bill Hesselmar dari R Queen Silvia Hospital di Swedia, terbiasa terkena kuman, terutama di awal kehidupan, adalah pelatihan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu menunjukkan, mencuci piring menggunakan mesin mungkin lebih mudah dan bersih, tapi dengan mencuci secara manual justru menjadi lebih baik. "Anda merangsang sistem kekebalan tubuh dalam berbagai cara dan itu jauh lebih baik," ujar Bill.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement