Kamis 05 Oct 2017 21:15 WIB

Begini Cara Cuci Piring yang Benar Menurut Pakar

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Mencuci piring
Foto: flickr
Mencuci piring

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencuci piring pasti pernah dilakukan hampir semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Namun, sudah benarkah cara Anda melakukan pekerjaan rumah tangga yang dianggap sepele itu?

Dikutip dari Independent, produsen alat rumah tangga Good Housekeeping Institute membeberkan urutan dan cara tepat mencuci piring. Beberapa tips juga disampaikan agar peralatan makan dan memasak di dapur selalu tampak baru.

Menurut para pakar, seni mencuci piring terletak pada urutan pencucian yang dilakukan. Mulailah dari gelas, mug, dan cangkir, kemudian berlanjut ke lepek dan piring makan, baru alat makan lain seperti sendok garpu.

Benda yang berukuran lebih besar seperti nampan, wajan, atau panci sebaiknya dicuci pada urutan terakhir. Disarankan memakai sarung tangan karet agar suhu air lebih panas sehingga efektif membunuh kuman.

Panduan juga menganjurkan untuk merendam peralatan sebelum dicuci agar sisa makanan terkikis. Tidak melakukan perendaman terlebih dahulu disebut sebagai kesalahan umum yang membuat alat makan lekas usang.

"Tidak membuang sisa makanan sebelum mencuci piring akan menyumbat saluran pembuangan dan membuat Anda menggosok dengan berlebihan sehingga alat makan lebih banyak terpapar minyak dan kotoran," tulis panduan itu.

Tips lain adalah menggunakan air hangat yang dicampur sabun untuk menghilangkan noda gosong pada panci. Meletakkan spons non-logam di microwave selama 40 detik juga akan membantu membasmi kuman yang menempel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement